Sambut HUT Payakumbuh ke-52, Tiap Nagari Bakal diikutsertakan Gelar Pawai Budaya

Kadisparpora Payakumbuh, Novriwandi

Kadisparpora Payakumbuh, Novriwandi

HARIANHALUAN.ID – Pawai budaya dari 10 nagari akan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar), ke-52 yang diperingati setiap 17 Desember.

“Rencananya pada tahun ini kita akan menggelar pawai budaya dalam memperingati HUT Kota Payakumbuh ke-52. Pawai budaya akan diikuti setiap nagari,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Payakumbuh, Nofriwandi, Rabu (30/11/2022). 

Ia mengatakan bahwa setiap nagari nantinya dibolehkan memilih budaya apa yang akan ditampilkan dalam pawai budaya yang direncanakan akan dilaksanakan 15 Desember 2022.

“Nantinya yang ikut atau yang menjadi peserta pawainya itu ada dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan bundo kanduang dari masing-masing nagari, temanya ditentukan sendiri oleh masing-masing nagari,” ujarnya.

Disampaikannya, selain pawai budaya terdapat kegiatan kebudayaan lainnya dalam HUT Kota Payakumbuh ke-52, seperti lomba baju kuruang basiba, festival randai, seni pertunjukkan, lomba lagu pop Minang dan lomba tari Minang.

“Seluruh kegiatan ini tergabung dalam satu iven, yakni bagodang atau barolek godang dan Payakumbuh Fair. Semenjak pandemi, iven bagodang memang tidak dapat dilaksanakan, tahun ini baru dilaksanakan lagi,” kata dia.

Selain kegiatan kebudayaan, kata dia, juga terdapat beberapa kegiatan lainnya, seperti pameran Payakumbuh Fair, makan bajamba, lomba drumband dan lainnya. “Target kita dengan berbagai kegiatan, khususnya kebudayaan ini dapat memancing lagi kegiatan seni dan kebudayaan,” ujarnya.

Ia mengatakan, berbagai kegiatan olahraga juga akan digelar oleh Disparpora Kota Payakumbuh, dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Randang itu, seperti tenis, kejuaraan sepeda, gowes, dan festive run.

“Harapan kami tentu kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses. Dalam pelaksanaannya tentu kita akan melibatkan berbagai pihak, seperti kepolisian dan unsur Forkopimda Kota Payakumbuh,” kata dia. (*)

Exit mobile version