Jelang HAB Kemenag ke-77, Kemenag Solok Selatan Gelar Berbagai Kegiatan

HAB Kemenag

Saat sekelompok guru dari madrasah tampil mengisi salah satu kegiatan yang diadakan di Kantor Kemenag Solok Selatan, Kamis (15/12/2022). Kiki Nofrijum

HARIANHALUAN.ID – Menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) yang ke-77, Kemenag Solok Selatan menggelar berbagai agenda kegiatan keagamaan dan keolahragaan.

Penyambutan HAB Kemenag ke-77 melibatkan langsung lembaga yang dinaungi Kemenag Solok Selatan dari Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dan madrasah-madrasah se-Kabupaten Solok Selatan.

Pelaksanaan kegiatan penyambutan HAB Kemenag ke-77 tersebut digelar sejak 12 hingga 19 Desember 2022 dengan berbagai kegiatan, seperti Musabaqoh Tilawatil Quran (MSQ), tahfiz, khutbah Jumat dan azan, asmaulhusna, badminton dan takraw, menghidang makanan non beras, dan berbagai kegiatan lainnya.

Kepala Kantor Kemenag Solok Selatan, Kasmir mengatakan, penyambutan HAB Kemenag ke-77 ini tidak terlepas dari momentum untuk peneguhan kembali komitmen seluruh jajaran dan keluarga besar Kemenag Solok Selatan, untuk bekerja keras dan bekerja cerdas meningkatkan kualitas dan integritas.

“Dengan menjunjung tinggi sikap ikhlas dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, makanya berbagai agenda kegiatan yang kita lakukan ini bertujuan untuk memperkuat kebersamaan dan kekeluargaan,” ujarnya, Jumat (16/12/2022).

Tidak hanya itu, lanjut Kasmir, penyambutan HAB Kemenag ke-77 ini juga diharapkan dari penguatan nilai-nilai yang ditujukan juga dapat merevitalisasi dan menggelorakan nilai-nilai semangat juang yang diwariskan oleh para founding fathers Kementerian Agama, termasuk di ruang lingkup Pemerintahan Kemenag Solok Selatan.

“Semoga ini menjadi tambahan energi positif dan semangat baru untuk meningkatkan peran aktifnya dan memberikan kontribusi yang nyata dalam upaya mewujudkan masyarakat Indonesia, khususnya Kabupaten Solok Selatan yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri, serta sejahtera lahir dan batin,” ujar Kakan Kemenag Solok Selatan tersebut.

Lebih lanjut Ketua HAB Kemenag ke-77 Solok Selatan, Syaiful Anwar juga menyampaikan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam penyambutan HAB Kemenag ke-77 diisi langsung oleh para aparatur sipil negara (ASN) di wilayah Kemenag Solok Selatan. Kemudian juga dari KUA di masing-masing kecamatan hingga siswa madrasah se-Kabupaten Solok Selatan.

“Kegiatan ini menjadi momentum bagi kita untuk terus menjaga hubungan baik dan silaturahmi kita. Kemudian untuk puncaknya dari penyambutan ini adalah pelaksanaan upacara bendera HAB Kemenag ke-77 yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Solok Selatan pada 3 Januari nanti sesuai HAB tersebut,” katanya.

Ketua HAB Kemenag ke-77 Solok Selatan itu sendiri juga menjelaskan, secara teknis kegiatan hingga pelaksanaan puncak upacara bendera nantinya telah dipersiapkan. Untuk memastikan kegiatan berjalan lancar, pihak Kemenag Solok Selatan terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintahan Kabupaten Solok Selatan dan juga lembaga-lembaga lainnya. (*)

Exit mobile version