Pergelaran Sarantau Sasurambi Balimau Bakal Dilibatkan 115 UMKM

Kepala Bidang UKM dan Koperasi Dinas Perindagkop dan UKM Solsel, Azizah Mutia

HALUANNEWS, SOLOK SELATAN – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Perindagkop dan UKM) Solok Selatan (Solsel) bakal menyediakan 115 UMKM kuliner gratis pada pergelaran Sarantau Sasurambi Balimau di kawasan Wisata Hot Waterboom Sapan Maluluang Solok Selatan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Bidang UKM dan Koperasi Dinas Perindagkop dan UKM Solok Selatan, Azizah Mutia di ruangannya, Kamis (24/3/2022).

Azizah Mutia mengatakan bahwa Sarantau Sasurambi Balimau merupakan sebuah kegiatan yang digelar oleh Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Solsel dalam rangka menyambut Ramadan 1433 Hijriah.

Kegiatan ini terdiri gowes bersama, tausiah, hiburan nasyid, layanan Dukcapil, layanan BPJS dan vaksinasi Covid-19.

“Karena keterbatasan, jadi kita hanya menyediakan 115 UMKM kuliner gratis yang ada di Solok Selatan pada kegiatan ini. Dan sebanyak itu belum tentu akan tertampung semuanya, karena kawasannya yang tidak terlalu luas. Jadi keterlibatan UMKM ini akan kita lakukan secara bertahap, di mana pada kegiatan selanjutnya akan kita libatkan UMKM yang belum pernah dilibatkan,” ujarnya.

Dalam persiapannya, jelas Azizah Mutia, pihaknya akan mengondisikan kepastian tempat stand dan sekaligus pada penyelenggaraan nantinya, pihak pelaksana UMKM akan standby secara langsung agar kelancaran kegiatan dapat berjalan dengan baik.

“Kemungkinan kegiatan ini akan sangat ramai dikunjungi masyarakat, mengingat kegiatan ini cukup besar. Jadi, kita memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung untuk dapat menikmati kuliner gratis yang disediakan dan yang lainnya,” katanya.

Ia menjelaskan, mekanisme kegiatan ini sudah dalam persiapan teknis dengan pelaku UMKM yang dilibatkan. Jadi, pihak panitia pelaksana hanya tinggal memastikan tempat, kedatangan dan prosedurnya.

Pemkab Solsel melalui Dinas Perindagkop dan UKM berharap, agar kegiatan Sarantau Sasurambi Balimau itu dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari menikmati wahana pemandian sampai kenyamanan masyarakat untuk bisa menikmati kuliner gratis khas Solsel dari 115 UMKM yang ada.

“Intinya dalam persiapan ini, kami hanya tinggal memastikan masyarakat dapat menikmati kegiatan ini. Dan dari kami sendiri, selaku pengelola ketersediaan kuliner gratis ini tentu akan mengoptimalkan mekanismenya, agar masyarakat nantinya hanya tinggal mengambil kuliner gratis dengan mudah,” ujar Azizah Mutia. (h/mg-jum)

Exit mobile version