PDHI Cabang Sumbar Periode 2022-2026 Dilantik

PDHI Sumbr

HARIANHALUAN.ID – Pengurus Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sumatra Barat (Sumbar) periode 2022-2026 dilantik di Hotel Pusako, Kota Bukittinggi, Sabtu (11/2/2023).

Acara yang digelar selama satu hari tersebut dihadiri peserta sebanyak 150 orang dari profesi dokter hewan se-Sumatra Barat. Adapun yang dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Ketua PDHI untuk periode 2022-2026 adalah Wahidin Beruh, yang dilantik langsung oleh Ketua Pengurus Besar (PB) PDHI, Munawarah, menggantikan posisi ketua sebelumnya M. Kamil.

Hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbar, dan Direktur Politeknik Negeri (Politani) Payakumbuh.

Di samping pelatikan pengurus PDHI cabang Sumbar, pada kesempatan yang sama dilaksanakan juga pengukuhan ketua dan pengurus Perhimpunan Istri Dokter Hewan Indonesia Mitra Veteriner Indonesia (PIDHI MVI) Cabang Sumatra Barat, yang diketuai oleh Lora Meriza.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa dokter hewan berperan penting dalam mencegah masuknya penyakit hewan menular, serta berperan dalam upaya pengendalian dan pencegahan penyakit, misalnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang baru-baru ini banyak menyerang ternak di Sumbar.

Ia mengatakan, tidak hanya dalam hal penyakit hewan, dokter hewan juga punya andil besar dalam penanganan masalah stunting, karena erat kaitannya dengan bahan pangan asal hewan, seperti telur, daging dan susu.

“Sumber bahan pangan tersebut merupakan sumber protein tinggi dengan harga relatif murah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua dilantik Munawarah mengatakan bahwa kepengurusan yang baru tentunya akan melanjutkan visi misi pengurus yang lama, di antaranya menjadikan organisasi profesi PDHI Cabang Sumbar ini organisasi yang dibanggakan oleh anggotanya, bermartabat dan disegani, independen, profesional, akuntabel dan transparans.

“Kami juga akan mendukung kebijakan dan program pemerintah pusat maupun daerah Provinsi Sumbar dalam terkait program peningkatan populasi, pemenuhan protein asal hewan, mencegah dan mengendalikan penyakit hewan strategis, penerapan kesrawan dan lalulintas hewan,” katanya.

Pada kegiatan pelantikan pengurus PDHI tersebut ditutup dengan seminar yang bertemakan “Penggunaan Herbal Medicine dalam Terapi Penyakit Hewan”, dengan narasumber Gustav Ananta Mueller. (*)

Exit mobile version