Pastikan Ramadhan dan Lebaran Tanpa Kedip, PLN Sumbar Siagakan Personil Mulai 1 April – 10 Mei 2022

HALUANNEWS, PADANG – Pastikan kesiapan personil dan keandalan kelistrikan jelang Ramadhan & Idul Fitri 1443 H, PLN UIW Sumbar menggelar Apel Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H di lapangan Kantor Induk PLN UIW Sumbar dan di unit kerja yang tersebar yang tergabung melalui virtual zoom meeting, Selasa (29/03).

General Manager PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo.

Apel siaga dihadiri oleh General Manager (GM) PLN UIW Sumbar dan jajaran Senior Manager, seluruh Manager PLN UP3, Manager PLN UP2D Sumbar, Manager Haleyora Power Region, manajer PLN ULP tersebar, Tim PDKB, vendor-vendor teknis, serta tim teknis dari UP2D.

Selain untuk melaporkan kesiapan personil dan keandalan kelistrikan masing-masing unit, melalui Apel Siaga ini juga dideklarasikan masa Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H adalah dari tanggal 1 April 2022 sampai dengan 10 Mei 2022.

Pada agenda utama Apel, setiap Manager UP laporkan kesiapan unitnya menyambut Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H 2022 pada Apel tersebut. Seluruh UP mengaku siap menyambut Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H dengan petugas siaga yang berpengalaman, perlengkapan yang cukup, dan jaringan yang andal.

PLN UP2D Sumbar sebagai unit pengatur distribusi pun hadir laporkan kesiapannya. Agung Ary Wibowo, Manager Operasi Sistem Distribusi PLN UP2D, dalam laporannya menyatakan, UP2D akan mengawal sistem keandalan dengan kapasitas suplai pembangkit 778,92 MW, beban puncak 600,50 MW, dan cadangan daya sebesar 178,42 MW.

Personil PLN siap siaga menjaga listrik menyala 24 jam, tanpa kedip saat Ramadhan dan Idul Fitri.

‘’Penyulang pintar dan GH pintar dipastikan akan beroperasi dengan baik dan 38 orang personil siap bertugas selama Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H’’.

Sementara GM PLN Sumbar, Toni Wahyu Wibowo dalam amanatnya menyampaikan agar seluruh unit mempersiapkan personil dan keandalan jaringan di unitnya masing-masing pada empat hari menjelang Bulan Ramadhan ini.

Menurutnya, Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan sedikit berbeda, karena kurva pandemi Covid-19 sudah melandai sehingga aktivitas di tempat-tempat ibadah kemungkinan akan tinggi kembali.

“Maka PLN perlu bersiaga ekstra dari tahun lalu untuk menjaga keandalan di titik-titik prioritas, lokasi-lokasi ibadah harus tetap di bawah pengawasan kita,’’ ungkapnya kemudian.

GM PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo croscek peralatan personil PLN yang akan menjaga pelayanan listrik selama Ramadhan dan Lebaran Iduk Fitri.

Disampaikan Toni pula, bahwa kesiapan PLN untuk menjaga keandalan selama Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H telah dilaporkan pada pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, Senin (28/03) lalu.

‘’Kami telah melaporkan kepada Bapak Gubernur bahwa PLN siap menyambut bulan suci Ramadhan dengan berkomitmen menjamin suplai dan keandalan listrik kepada 1,5 juta lebih pelanggan di 19 kabupaten dan kota Provinsi Sumbar. Mari sama-sama jaga komitmen ini,’’ sampainya.

Orang nomor satu di PLN UIW Sumbar tersebut tak lupa berpesan, agar selama masa siaga seluruh personil tetap amanah untuk menjalankan pekerjaan sesuai SOP.

“Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, apalagi virus Covid-19 masih ada. Dan patuhi pedoman keselamatan K2K3,’’ lanjutnya.

Senada dengan Toni, Senior Manager Distribusi Arif Pramudya berharap, seluruh personil siaga dapat bekerja keras dan bekerja ikhlas demi kelistrikan Sumbar yang andal di Bulan Ramadhan.

“Biarlah ini menjadi pelayanan terbaik dan amalan pahala Bapak/Ibu karena mengupayakan kenyamanan beribadah sepanjang Ramadhan hingga Idul Fitri 1443 H,’’ ungkapnya.

Seusai laporan dari setiap unit kerja, Toni didampingi manajemen Kantor Induk serta manajemen UP di lokasi unit kerja masing-masing, lakukan pemeriksaan gelar peralatan. Hal ini untuk memastikan peralatan kerja masing-masing unit telah lengkap dan sesuai standar sehingga tidak menjadi kendala selama Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.*

Sumber: Relis

Exit mobile version