Tertua di Padang! Masjid Raya Ganting Berusia 217 Tahun

Masjid Raya Ganting

Seorang pengendara sepeda motor melewati bangunan Masjid Raya Ganting di Jalan Ganting No. 10, Kelurahan Gantiang Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, Jumat (1/4/2022). FARDIANTO

HALUANNEWS, PADANG – Masjid Raya Ganting salah satu rumah ibadah umat muslim tertua di Kota Padang, sehingga tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatra Barat (Sumbar) secara umum.

Masjid Raya Ganting yang terletak di Jalan Ganting No. 10, Kelurahan Gantiang Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur ini, terletak tidak jauh dari pusat kota. Pengunjung pastinya tidak begitu sulit menemukan masjid bersejarah tersebut.

Ketua Pengurus Masjid Raya Ganting, H. Monandar Maska mengatakan, masjid ini mulai dibangun pada 1805 dan selesai Tahun 1810. Hingga Tahun 2022, masjid ini sudah berusia lebih kurang 217 tahun.

Dikatakannya, Masjid Raya Ganting berdiri atas prakarsa tiga orang pemuka masyarakat, yakni Angku Gapuak, Angku Syech Haji Umar dan Angku Syech Kapalo Koto. Angku Gapuak adalah seorang saudagar di Pasar Gadang, Angku Syech Haji Umar adalah seorang pimpinan kampung dan Angku Syech Kapalo Koto seorang ulama yang cukup berpengaruh.

“Mereka ini bisa disebut tiga tungku sajarangan di waktu itu,” ujarnya kepada Haluan, Jumat (1/4/2022).

Monandar juga menyampaikan, bahwa sebelumnya pembangunan masjid pertama di Kota Padang ini sempat dilakukan di tepi Batang Arau, tepatnya di kaki Gunung Padang pada Tahun 1790, yang terbuat dari bahan kayu dan atap rumbio.

Namun, Pemerintah Hindia Belanda mengambil langkah cepat dengan merobohkan masjid tersebut untuk pembuatan jalan ke Pelabuhan Teluk Bayur.

“Pemerintah Belanda menghancurkannya dengan dalih pembuatan jalan ke Pelabuhan Emma Even, yang saat ini dikenal dengan nama Teluk Bayur,” katanya.

Lebih jauh Monandar menyampaikan, Masjid Raya Ganting memiliki 25 tiang segi enam. Setiap tiang berhiaskan kaligrafi nama 25 nabi.

“Tiang ini melambangkan 25 nabi dan rasul yang ada di dalam agama Islam,” katanya.

Kemudian dilihat arsitektur bangunan masjid yang unik dengan campuran desain dari Cina, Eropa dan timur tengah. Dengan arsitektur yang sederhana sekaligus mewah ini, tentunya menyimpan kisah dan rangkaian torehan sejarah.

Untuk diketahui, bangunan Masjid Raya Ganting terpelihara dengan baik, walaupun sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi Tahun 2005 dan 2009. Masjid ini juga ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Indonesia dan menjadi daya tarik wisata di Kota Padang. (*)

Exit mobile version