Pemerintah Nagari Tapakih dan Pokdarwis Perbaiki Jembatan Pantai Tiram

Jembatan Pantai Tiram

Kondisi jembatan penghubung di objek wista Pantai Tiram, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar), dengan kondisi sudah banyak lantai yang lapuk, Senin (4/4/2022). YUHENDRA

HALUANNEWS, PADANG PARIAMAN — Pemerintah nagari bersama kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Nagari Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar), akan memperbaiki jembatan perlintasan di objek wisata Pantai Tiram.

“Saat ini kami sedang berupaya melakukan rehab jembatan yang menjadi ikon wisata di nagari kami. Ini dilakukan agar layak dilalui para wisatawan saat Lebaran 2022,” kata Wali Nagari Tapakih, Soni Aprison di Ulakan Tapakih, Senin (4/4/2022).

Ia menyampaikan, untuk memperbaiki fasilitas objek wisata tersebut pihaknya sejauh ini sudah menerima bantuan dari Anggota DPR RI, John Kenedi Azis untuk membeli dua kubik kayu.

“Alhamdulillah, ada bantuan dari anggota DPR RI untuk membeli kayu dua kibuk dan satu kubik dari parkir dan iuran pedagang di objek wisata pantai,” katanya.

Dengan adanya kayu tersebut, kata Soni, dalam waktu dekat pihaknya akan langsung melakukan pengerjaan pengantian lantai jembatan tersebut.

“Kami dengan pokdarwis akan langsung melakukan perbaikan lantai jembatan, agar bisa layak dilalui oleh pengunjung,” katanya.

Saat ini, kata Soni, lantai jembatan yang terbuat dari papan tersebut banyak yang lapuk, sehingga tidak layak dilewati. Meskipun pemerintah nagari, badan usaha milik nagari dan pokdarwis setempat sebagai pengelola objek wisata telah berupaya memperbaikinya dengan cara swadaya, namun tidak mampu mengakomodir perbaikan seluruh bagian jebatan.

Akibatnya masih ada bagian jembatan tidak memiliki lantai dan bagian lainnya tidak layak untuk dilalui wisatawan. Soni juga mengatakan, meskipun saat ini pihaknya telah memiliki dana untuk membeli kayu, namun belum mampu untuk memperbaiki seluruh bagian lantai jembatan yang lapuk.

“Kebutuhannya sekitar lima sampai tujuh kubik kayu. Namun kami akan berupaya mencari dana dari sumber lainnya untuk memperbaiki jembatan itu,” katanya.

Ia menjelaskan, jembatan tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan lokasi wisata kuliner dengan objek wisata pantai. Meskipun di daerah itu terdapat jalur lainnya, yaitu jembatan bambu dan beton muara, namun tidak layak dilalui wisatawan karena bambu sudah lapuk dan yang beton sering tertutup air laut ketika pasang naik.

Sementara itu, Tenaga Ahli dari anggota DPRD RI, John Kenedi Azis, Asmadi mengatakan, Jhon mengetahui kondisi jembatan itu pada beberapa hari yang lalu, ketika ia berkunjung ke objek wisata Pantai Tiram dan menikmati kuliner di sana.

“Pada saat itu beliau merasa miris dengan kondisi jembatan dan berniat untuk membantu. Kondisi jembatan tersebut bisa membuat wisatawan jatuh dan ini dapat menjadi citra negatif untuk wisata Padang Pariaman,” kata Asmadi, yang juga Ketua DPD Golkar Padang Pariaman itu.

Saat itu, John Kenedy Aziz sedang berada di lokasi obejek wisata dan bertemu dengan pokdarwis, berjanji akan membatu memperbaiki lantai jembatan tersebut.

“Kemarin, saya bersama teman-teman di Partai Golkar menyalurkan bantuan itu sebanyak Rp7 juta yang diserahkan langsung kepada pokdarwis dan wali nagari,” katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan itu, jembatan tersebut dapat diperbaiki dan layak untuk lewati wisatawan, sehingga dapat mengangkat pariwisata di Padang Pariaman. (*)

Exit mobile version