Pos Indonesia Salurkan Bantuan STB TV Digital dari Kemkominfo di Padang Panjang

HALUANNEWS, PADANG PANJANG – Guna mendukung program Pemerintah tentang penghentian siaran televisi analog (analog switch off/ASO) atau migrasi dari siaran televisi analog ke siaran televisi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Trans Media menyalurkan Set Top Box (STB) gratis bagi warga yang kurang mampu yang ada di Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur, Selasa (5/4).

“Pendistribusian STB untuk masyarakat kurang mampu ini dibagikan secara door to door oleh PT Pos Indonesia. Mengenai lingkup kerja dari pendistribusian STB ini, meliputi verifikasi data penerima, verifikasi kepemilikan TV analog, penyerahan STB, dan instalasi STB,” kata Supervisor Operasi Kantor Pos Cabang Kota Padang Panjang, Dody Kurniawan saat penyaluran bantuan STB tersebut.

Ditambahkannya, dengan bantuan STB gratis itu, masyarakat yang memiliki TV analog tidak perlu mengganti memasang televisi baru. Cukup piranti saja, agar masyarakat tetap menikmati siaran TV digital.

“Penyediaan STB sebagai upaya mendukung migrasi dari TV analog ke TV digital akan berlangsung secara bertahap. Terhitung dari April sampai November 2022 mendatang,” jelasnya.

Untuk Kota Padang Panjang, tambahnya, sesuai data yang didapat pihaknya, ada sebanyak 248 masyarakat kurang mampu yang terbagi di empat kelurahan sebagai penerima bantuan STB ini. Yaitu 60 RTM di Kelurahan Ngalau, 92 RTM di Kelurahan Koto Panjang, 67 RTM di Kelurahan Sigando serta 29 RTM di Kelurahan Koto Katik.

“Penyalurannya akan kita salurkan secara bertahap,” imbuhnya.

Salah satu warga penerima STB di RT 3 TPL, Fuji Yastuti (50) merasa senang karena dapat menyaksikan siaran televisi dengan kualitas yang jauh lebih baik.

“Saya senang, tidak mengira dapat alat ini. Selama ini hanya bisa nonton satu stasiun TV saja. Dulu nonton TV banyak semutnya. Sekarang sudah terang (jernih),” kata Fuji.

Tak lupa Fuji mengucapkan terima kasih atas penyaluran bantuan STB tersebut.

L”Terima kasih kepada Kementerian Kominfo dan PT Pos.Sekarang kami bisa nonton TV dengan nyaman. Sekarang tayangan TV jernih, tidak ada bintik-bintik lagi,” ucapnya.

Sebagai informasi, program STB Gratis untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) merupakan program dari pemerintah melalui Kemkominfo. Pos Indonesia dipercaya sebagai pihak yang mendistribusikan bantuan STB gratis kepada RTM.

STB atau decoder adalah perangkat yang berfungsi untuk mengubah sinyal yang diterima dari satelit, kabel, ataupun internet ke dalam format analog agar siaran TV digital dapat ditampilkan ke layar TV analog. Rumah tangga miskin akan menerima STB TV digital gratis mulai 15 Maret hingga 30 April 2022. (*)

Exit mobile version