Tahun Ini DLH Padang Peroleh DAK Sebesar Rp3,6 Miliar

DAK

HALUANNEWS, PADANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp3,6 miliar lebih.

Penggunaan dana tersebut diperuntukkan penyediaan alat angkut sampah arm roll, pengadaan kontainer sampah dan penyediaan alat angkut sampah motor roda tiga dan gerobak pilah.

Kepala DLH Mairizon mengatakan, dana tersebut diperoleh dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia mengucapkan terima kasih dan bersyukur dengan dana yang diperoleh, karena bisa segera dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

“Dana kami dipotong sekitar Rp6 miliar. Padahal itu diperuntukkan pengadaan dan penambahan alat angkut sampah dan kontainer. Namun, kami bersyukur memperoleh DAK dari kementerian dan bisa digunakan terhadap kebutuhan tersebut,” ujar Mairizon kepada Harianhaluan.id, Selasa (5/4/2022).

Ia menuturkan, dana tersebut digunakan untuk penyediaan alat angkut sampah arm roll sebanyak empat unit. Kemudian pengadaan kontainer sampah sebanyak sembilan unit dan motor roda tiga, serta gerobak pilah sebanyak 12 unit.

“Semuanya telah kami bagi sesuai kebutuhan masing-masing kecamatan di Kota Padang. Meski belum mencukupi sesuai kebutuhan, namun bisa membantulah,” katanya.

Mairizon juga menjelaskan, selain memperoleh DAK, DLH juga dibantu melalui dana pokok pikiran (pokir) dewan di DPRD Padang. Baik itu berupa bantuan bentor, maupun bantuan alat lainnya.

“Meski bantuan dari pokir tersebut tidak dikelola oleh DLH, namun cukup membantu kekurangan alat angkut sampah di LPS setiap kecamatan. Kami berharap tidak hanya dari pokir saja ada bantuan ini, namun juga jika ada dana CSR dari pihak BUMN kami siap menerima,” tuturnya.

Ia menambahkan, pada 2021 ada bantuan kapal pengangkut sampah dari Bank Nagari yang langsung difungsikan di Batang Arau. Ia berharap bantuan serupa juga diberikan untuk tahun ini. (*)

Exit mobile version