DPMPTSP dan Naker Pariaman Seleksi Pencaker untuk Dikirim ke Semarang

DPMPTSP dan Naker Pariaman

DPMPTSP dan Naker sedang melakukan seleksi terhadap pencari kerja di Kota Pariaman, Kamis (7/4/2022). IST

HALUANNEWS, PARIAMAN – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kota Pariaman mengadakan seleksi kepada para pencari kerja (pencaker) untuk dikirim ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

“Hari ini, kembali kita mengadakan seleksi untuk pencaker yang akan dikirim ke BBPLK Semarang, dimana sejak Tahun 2019 kita selalu mengirimkan pencaker asal Kota Pariaman ke sana setiap tahunnya, untuk dididik dan dilatih sesuai dengan jurusan yang mereka minati di sana,” kata Kabid DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman, Devi Hastuti di Pariaman, Kamis (7/4/2022).

Lebih lanjut ia menyampaikan, pihaknya hanya memfasilitasi peserta pelatihan, sedangkan untuk tingkat keberhasilan selama pelatihan nanti, sangat tergantung kepada peserta itu sendiri.

“Saat ini ada 12 yang ikut seleksi, dimana nanti yang akan dikirim hanya enam orang dari mereka,” katanya.

Perserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti pelatihan di BBPLK Semarang ini akan dibagi menjadi tiga jurusan, sesuai dengan keahliannya masing-masing.

“Kota Pariaman hanya dapat jatah enam orang, dengan tiga jurusan yang disediakan, yaitu English For Frint Liner, Asisten Junior Desainer dan Fashion Drawing Blended,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, mereka yang dinyatakan lulus untuk ikut pelatihan ini akan diberangkatkan ke Semarang pada 18 Mei. “Sejauh ini di Sumbar hanya Kota Pariaman yang mendapatkan jatah untuk mengirim para pencari kerja ke Semarang,” ujarnya.

Di BBPLK Semarang, sambung dia, peserta ini akan mengikuti pelatihan selama 280 Jam, atau selama 40 hari, dan dibiaya langsung oleh pihak BBPLK Semarang.

“Semuanya gratis, mulai dari transportasi dan akomodasi, serta makan dan minum selama kegiatan,” katanya.

Devi meminta kepada peserta yang lolos nantinya untuk dapat mengikuti pelatihan dengan serius, sehingga dapat ilmu yang bisa dimanfaatkan. “Setelah mengikuti pelatihan, mereka bisa mengangkat perekonomian keluarganya,” katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman juga akan mengadakan beberapa pelatihan untuk para pencaker lainya, dimana untuk Tahun 2022 ada tiga jenis pelatihan yang akan diadakan, yaitu pelatihan barista, desain grafis dan digital marketing, yang masing-masingnya nanti akan digelar selama 10 hari. (*)

Exit mobile version