4.034 Mustahik se-Pasbar Terima Zakat dari Baznas

serahkan zakat

Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto menyerahkan secara simbolis zakat konsumtif untuk 4.034 mustahik. IST

HALUANNEWS, PASBAR — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pasaman Barat (Pasbar) menyerahkan zakat konsumtif kepada 4.034 mustahik, Selasa (12/4/2022) di Masjid Agung Baitul Ilmi, Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto didampingi stakeholder terkait. Wabup Risnawanto menjelaskan, zakat konsumtif ini merupakan pemberian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Pasbar bersama ASN, yang diselenggarakan oleh Baznas melalui program Pasbar Sejahtera.

“PNS yang ada di Pasbar ini berjumlah kurang lebih 6.000 orang. Tiap bulan, gaji PNS dipotong, dikumpulkan dan disimpan di Baznas. Banyak program Baznas, di antaranya di bidang pendidikan yaitu Pasbar Cerdas, di bidang kesehatan yaitu Pasbar Sehat dan ada bedah rumah yang tahun ini Alhamdulillah sudah diberikan sebanyak 22 unit,” ujar Risnawanto.

Ia menyebutkan, semua program yang ada tentunya berorientasi untuk kepentingan masyarakat Pasbar. Penyerahan zakat konsumtif di Kecamatan Pasaman sebanyak 345 orang dan masing-masing mendapatkan Rp500 ribu dari Baznas.

Ia berharap, zakat konsumtif yang diberikan dapat dimanfaatkan terutama menjelang Hari Raya Idulfitri mendatang.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Pasbar, M Nur mengatakan, Kemenag berkewajiban memberikan pengawasan syariah dan menganalisa berkas mustahik se-Pasbar. Ia berharap zakat yang diberikan dapat dipergunakan dengan baik oleh mustahik, meskipun jumlah yang diberikan tidak dapat membantu secara utuh.

Sementara Ketua Baznas Pasbar, Muhajir menyatakan, zakat fitrah untuk tahun ini yaitu kelas 1 Rp42.000, kelas 2 Rp34.000 dan kelas 3 Rp24.000. Baznas telah melakukan pendataan data zakat konsumtif selama satu bulan dengan beberapa indikator dan kriteria, sehingga per jorong diberikan kepada 15 orang dengan total keseluruhan senilai Rp2.017.000.000.

“Telah kita data selama lebih kurang satu bulan yang lalu, sehingga kita dapatkan jumlah per jorong itu sebanyak 15 orang dikali 218 jorong. Itulah penerima zakat konsumtif hari ini yang diresmikan oleh pak Wabup Pasbar,” kata Muhajir.

Pendistribusian zakat ini, kata dia, akan dilakukan di 11 kecamatan secara bertahap, yang dimulai dari Kecamatan Pasaman. Penyerahan simbolis zakat konsumtif juga bertepatan dengan penyerahan zakat oleh Presiden dan Wakil Presiden kepada Ketua Baznas RI.

Diakhir kegiatan, Wabup Risnawanto juga menyerahkan zakatnya bersama keluarga kepada Baznas Pasbar yang diterima langsung amil zakat muhajir. Selain Wabup Risnawanto, Sejati Swalayan juga turut menyerahkan zakatnya kepada amil zakat tersebut. (*)

Exit mobile version