Tahun Ini Pasbar Peroleh Anggaran Pembangunan Capai Rp75,4 Miliar

TSR Gubernur

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyerahkan bantuan huntara dari Baznas Sumbar untuk korban gempa di Pasbar. IST

HALUANNEWS, PASBAR – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah beserta rombongan melakukan safari Ramadan ke Masjid Takwa Muhammadiyah Kampung Pinang, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Jumat (15/4/2022).

Dalam kunjungan itu disampaikan bahwa bantuan pembangunan untuk Pasbar pada tahun ini mencapai Rp75,4 miliar. Tim Safari Ramadan (TSR) Provinsi Sumbar ke lokasi tersebut didampingi Bupati Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyebutkan, bantuan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk Pasbar tersebut terdiri dari bidang pendidikan Rp2,5 miliar, bidang kesehatan Rp7,36 miliar, kehutanan Rp4,8 miliar, peternakan Rp20 miliar, bidang perumahan pemukiman dan pertanahan Rp18 miliar, bidang sungai wilayah Rp12,5 miliar, perkebunan 5,3 miliar, Baznas provinsi Rp150 juta korban gempa.

Sementara untuk bantuan masjid diberikan Kanwil Kemenag satu dus Al-Qur’an, Dinas Bina Marga Cipta Karya satu dus Al-Qur’an, Bank Nagari Rp10 juta, Provinsi Sumbar Rp50 juta. 

Kunjungan itu disambut antusias oleh masyarakat setempat. Peluang yang ada tidak disia-siakan oleh masyarakat untuk menyampaikan informasi dan permintaan kepada Gubernur Mahyeldi Ansharullah. 

Ada beberapa permintaan yang disampaikan masyarakat, di antaranya memperbaiki atap Masjid Taqwa Muhammadiyah, karena atap masjid sudah rusak. Permintaan untuk membuka jalan ke Madina dari Nagari Rabi Jonggor yang panjangnya hanya 25 km melewati Danau Laut Tinggal. Jika jalan tersebut terbuka, maka ekonomi akan meningkat dan Rabi Jonggor akan maju.

Danau Laut Tinggal, kata Mahyeldi Ansharullah, merupakan potensi yang perlu terus digali karena Pasbar merupakan wilayah yang kaya. Untuk memanfaatkan itu semua, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk mengolah. Diperlukan masyarakat itu sendiri yang diharapkan bisa mengolahnya. 

“Pendidikan salah satu upaya untuk meningkatkan SDM itu dan bisa mengolah potensi yang ada. Kita berharap juga pemerintah daerah mendorong investor untuk datang ke Bumi Mekar Tuah Basamo ini,” ujar Mahyeldi Ansharullah.

Ia melanjutkan, karena semua potensi itu ada di Pasbar, seperti jagung, sawit yang diperlukan SDM handal untuk dan investor yang bisa mensejahterakan petani di Pasbar. 

Sementara itu, Bupati Hamsuardi mengapresiasi Gubernur Mahyeldi Ansharullah yang sering kali datang ke Pasbar. Ini merupakan bentuk perhatian kepada masyarakatnya. Bentuk perhatian gubernur itu juga akan berefek besar bagi pembangunan di Pasbar.

“Kedatangan Gubernur Mahyeldi Ansharullah bersama rombongan sudah ditunggu masyarakat dari sore. Karena padatnya jadwal beliau, maka buka bersama dengan masyarakat tidak terwujud. Walaupun begitu kedatangan gubernur ke masyarakat Kampung Pinang Nagari Rabi Jonggor ini saja sudah mengobati rindu masyarakat kepada pemimpinnya,” ujar Hamsuardi.

Berdasarkan permintaan masyarakat itu, lanjut Hamsuardi, Ia juga berharap bahwa Gubernur Mahyeldi Ansharullah memperhatikan masyarakat Pasbar pada umumnya. Terutama untuk melakukan pembangunan infrastruktur. 

Pengurus Masjid Ilmi Nasution menjelaskan bahwa masyarakatnya bersyukur atas kunjungan rombongan TSR Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Bupati Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto dan rombongan. (*)

Exit mobile version