Libur Lebaran, Objek Wisata Tanah Datar Bakal Dibuka

Wisata Pariangan

Wisata Sungai Pariangan Kandangan

HALUANNEWS, TANAH DATAR — Sejumlah objek wisata di Tanah Datar mulai dipercantik dan diperindah, karena akan dibuka pada saat libur Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah. Termasuk mempersiapkan aspek protokol kesehatan (prokes).

Destinasi wisata tersebut, di antaranya Istano Basa Pagaruyung, Puncak Pato, Batu Angkek-Angkek, Panorama Tabek Patah, Rumah Pohon Tabek Patah, Puncak Aua Sarumpun, Aia Angek Padang Gantiang, Tenun Pandai Sikek, Nagari Tuo Pariangan, Lembah Anai, dan Pantai Mutiara Danau Singkarak.

“Jika tidak ada kendala, direncanakan seluruh objek wisata unggulan di Tanah Datar akan kita buka semuanya selama libur Lebaran,” kata Kasi Promosi dan Pemasaran Pariwisata Tanah Datar, Renti Emelia didampingi Kepala Bidang Olahraga Efri Dedi, Minggu (17/4/2022).

Renti mengatakan, saat ini pihaknya mulai menyiapkan sejumlah objek wisata dengan mempercantik dan membersihkan lokasi wisata, sehingga nantinya pengunjung merasa nyaman dan berkesan saat berwisata ke Tanah Datar.

Kemudian untuk terciptanya liburan yang aman dan nyaman bagi pengunjung, Dinas Pariwisata juga akan memberikan imbauan ke semua pengelola objek wisata, dimulai dari aturan, persiapan, sampai ke aturan protokol Covid-19.

“Nanti kita akan memberikan imbauan bagi seluruh pengelola objek wisata, dalam memberikan kenyamanan bagi pengunjung dengan tetap menjaga prokes,” katanya.

Selain itu, katanya, Pemkab Tanah Datar juga akan memeriahkan libur Lebaran pada tahun ini dengan program satu nagari satu iven di Nagari Andaleh Baruah Bukik, yang dimulai pada 4 sampai 10 Mei 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan Aua Sarumpun Geopark Festival di Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, dan alek anak nagari pacu jawi tanggal 7, 14, 21 dan 28 Mei di Nagari Rambatan.

“Untuk satu nagari satu iven akan dilangsungkan selama satu minggu dan direncanakan akan dibuka oleh pimpinan daerah,” katanya. (*)

Exit mobile version