Semarak Ramadhan di MIUT Thawalib Padang Panjang Diakhiri Kegiatan Berbagi Takjil

HALUANNEWS, PADANGPANJANG – Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT) Thawalib Padang Panjang memanfaatkan waktu selama Ramadhan 1443 H untuk kegiatan pesantren ramadhan bagi seluruh murid dari kelas 1 sampai kelas 6.

Diantaranya kegiatan yang diadakan adalah lomba tahsin dan tahfiz al Quran, buka bersama serta diakhiri kegiatan pembagian takjil kepada masyarakat.

MIUT Thawalib sebuah unit pendidikan di bawah pengelola Yayasan Thawalib untuk jenjang pendidikan setingkat sekolah dasar, menggunakan waktu selama bulan puasa selain proses belajar mengajar juga kegiatan pesantren ramadhan.

Kepala sekolah MIUT Thawalib Dahyar, S. Pd, Sabtu (23/4/2022) di Padang panjang mengatakan, bulan Ramadhan 1443 H bukan saja diisi dengan kegiatan proses belajar mengajar bagi seluruh murid, namun juga memanfaatkan bulan penuh berkah tersebut untuk kegiatan yang lebih bermakna dalam bentuk kegiatan pesantren ramadhan.

“Kita berikan nilai tambah proses belajar mengajar bagi murid MIUT Thawalib dengan adanya kegiatan pesantren ramadhan, ” ujar Dahyar.

Diantara kegiatan pesantren ramadhan adalah diadakannya lomba tahsin dan tahfiz al Quran bagi seluruh murid MIUT mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

Kata Dahyar untuk kegiatan tahsin dan tahfiz al Quran para murid yang mengikuti kegiatan tersebut dinilai dan bagi yang memperoleh nilai terbaik diberikan penghargaan.

“Jumat 22 April lalu adalah puncak acara lomba tahsin dan tahfiz al Quran yakni pemberian hadiah lomba kepada murid yang memperoleh nilai terbaik,” katanya.

Selanjutnya juga diadakan kegiatan buka bersama seluruh murid MIUT Thawalib dengan majelis guru di ruangan pertemuan MIUT Thawalib. Kegiatan ini selain bernilai ibadah buka bersama juga sebagai ajang membangun silaturrahmi antara majelis guru dengan seluruh murid.

Berbagi Takjil

Kegiatan lain mengakhiri pesantren ramadhan adalah berbagi takjil kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Sabtu sore (23/4/2022).

Menurut Dahyar, kegiatan berbagai takjil adalah rangkaian dari kegiatan pesantren ramadhan. Tujuannya adalah sebagai sarana edukasi bagi murid MIUT Thawalib dalam berbagi dan mengasah kepedulian.

“Pertigaan PDAM Padang Panjang yang merupakan sentral jalan raya Padang Panjang-Padang menjadi titik tempat pembagian takjil yang dilakukan oleh murid MIUT Thawalib yang didamping majelis guru, ” jelas Dahyar.

Ketua Yayasan Thawalib Dr Saiful Amin menyatakan, Yayasan Thawalib memberikan apresiasi atas prakrasa MIUT Thawalib dalam mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang lebih bermakna yakni pesantren ramadhan bagi murid MIUT Thawalib.

“Murid MIUT yang berusia 7-12 tahun diberikan pendidikan yang bernilai dalam aspek keagamaan selama bulan puasa sehingga hal ini akan bermanfaat sekali, ” kata Saiful Amin.

Dijelaskan Saiful Amin, MIUT Thawalib sebagai salah satu unit pendidikan dibawah Yayasan Thawalib untuk jenjang pendidikan setingkat sekolah dasar memang diproyeksikan menjadi sebuah lembaga pendidikan bukan saja kuat dalam pengetahuan umum tapi juga diperkaya dengan pendidikan Islam.

“MIUT Thawalib adalah lembaga pendidikan yang memadukan kurikulum umum dengan kurikulum agama sehingga pengajaran kepada murid lebih kaya,” katanya.

MIUT Thawalib yang memiliki kampus pendidikan sendiri di Jalan Abu Hanifah, Kelurahan Guguk Melintang, Padang Panjang merupakan unit pendidikan yang memiliki murid sebanyak 570 orang dan sarat dengan berbagai prestasi. (*)

Exit mobile version