Nanda Satria Terpilih Menahkodai KNPI Sumbar 2021-2024

PADANG, HALUAN — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) berganti nahkoda. Lewat helat Musyawarah Daerah Provinsi (Musdaprov) XV, Senin (8/11), Nanda Satria terpilih sebagai Ketua Umum KNPI Sumbar periode 2021-2022, menggantikan Fadly Amran yang saat ini menjabat Wali Kota Padang Panjang dan Ketum Gebu Minang Sumbar.

Terkait pemilihan Ketum KNPI Sumbar yang baru, Mantan Ketum KNPI Sumbar Fadly Amran menilai, bahwa Nanda Satria terpilih lewat proses demokrasi yang sah yang patut dihargai oleh semua pihak. Ia pun berharap agar Nanda Satria bisa mengembang tugas dan amanah dengan baik sebagai Ketum KNPI Sumbar.

“Nanda adalah kader yang terpilih secara demokratis. Artinya, sosoknya adalah sosok harap bersama. Semua pihak harus menghargai dan menghormati rangkaian proses yang berjalan,” ucap Fadly Amran.

Ke depan, Fadly Amran juga berharap, sebagai pucuk pimpinan tertinggi di KNPI Sumbar, Nanda Satria bisa menjalankan roda organisasi dengan baik, serta membuat program-program yang sesuai dengan aturan pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI Sumbar.

“Kita juga berharap Nanda Satria bisa menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan pemeritah, agar KNPI bisa lebih berkontribusi pada setiap program pembangunan pemerintah daerah,” ucapnya menutup.

Sementara itu, Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sumbar Demisioner, Defika Yufiandra, ikut menegaskan bahwa Nanda Satria adalah Ketua KNPI Sumbar yang terpilih secara sah. Dengan demikian, KNPI Sumbar kembali melanjutkan kesatuan dengan turunan serah terima jabatan yang jelas sejak era Marzul Veri, Adib Alfikri, Defika Yudiandra, Fadly Amran, hingga Nanda Satria.

“Ini menegaskan bahwa KNPI Sumbar cuma satu, baik itu dari jaman Marzul Veri hingga ke Nanda sekarang. Soal dualisme, itu bukan hal yang kita benarkan,” ucapnya.

Gerbong perubahan sedang bergerak di Sumatera Barat (Sumbar). Lokomotifnya, kolaborasi kaum muda dari beragam latar. Sumbar unggul sudah di depan mata.

Semangat kebersamaan yang dibangun para pemuda merupakan hal baik bagi Sumbar. Dikotomi antara para pemuda itu sendiri terkikis, seiring kesamaan ide dan gagasan untuk membangun. Mereka dipersatukan gagasan dan rasa saling melengkapi.

Terpilihnya Nanda Satria sebagai Ketum KNPI Sumbar juga mendapat ucapan selamat dari Ketum Hipmi Sumbar Brian Putra Bastara, yang beberapa waktu lalu juga dilantik secara resmi oleh Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming. Brian berharap, agar KNPI Sumbar di bawah Nanda Satria, bisa berkolaborasi dengan baik bersama Hipmi Sumbar dalam memajukan daerah.

“Kami bersama Nanda Satria selaku Ketum KNPI Sumbar sudah bersepakat untuk saling bahu membahu, agar pemuda Sumbar mandiri, baik secara bisnis atau hal lainnya. Intinya kolaborasi. Hipmi dan KNPI Sumbar sudah bersepakat untuk berkolaborasi menciptakan pemuda Sumbar yang mandiri,” kata Brian.

Ke depan, sambung Brian, Hipmi dan KNPI Sumbar akan sama-sama mendorong agar para pemuda bisa menjadi pengusaha mandiri. “Ketum KNPI Sumbar saat ini, Bung Nanda Satria kan berasal dari pengusaha. Tentu sebagai ketum dia ingin menularkan jiwa bisnisnya kepada jajaran KNPI, sekaligus melakukan kaderisasi,” kata Brian. (h/isq)

Exit mobile version