Danlantamal II Padang dan Gubernur Sumbar Tegaskan Kondusivitas Penting bagi Pembangunan Sumbar

Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono, berbincang dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, terkait kondisi keamanan dan fokus pembangunan daerah, Senin (8/11). IST/ADPIMPROV

PADANG, HALUAN — Peningkatan profesionalitas prajurit Matra Laut dan bersinergi dalam pembangunan daerah bersama pemerintah daerah (Pemda) di Sumatra Barat (Sumbar), menjadi komitmen Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono, yang baru mengemban tugas selaku Komandan Lantalamal (Danlantamal) II Padang.

Komitmen itu disampaikan Endra saat bersilaturahmi dengan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Senin (8/11) di Istana Gubernur Sumbar. Untuk ke depan, Endra menekankan pentingnya sinergitas yang terus terjalin antara Lantamal II Padang dengan Pemprov Sumbar, untuk saling mewujudkan program kelembagaan.

“Tentu saja ke depan bagi kami, kerja sama antara Lantamal II Padang dan Pemda di Sumbar sangat penting terus berjalan. Terutama dalam upaya peningkatan profesionalitas prajurit TNI Angkata Laut (AL) di Sumbar,” ucap Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono.

Selain itu, Danlantamal II Padang juga menekankan komitmen dalam mendukung program kerja Pemprov Sumbar. Termasuk dalam rangka percepatan capaian vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, di mana Lantamal II Padang sendiri telah menggencarkan program vaksinasi maritim sejak beberapa waktu belakangan.

“Harus selalu koordinasi antara Lantamal II Padang dengan Pemprov Sumbar. Kami siap mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah. Ikut membangun Sumbar sebagai wilayah yang maju, dan tetap kondusif serta harmonis,” kata Endra yang menggantikan Danlantamal II Padang sebelumnya, Laksamana Pertama TNI Hargianto.

Menyambut komitmen Danlantamal II Padang tersebut, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah juga menekankan pentingnya dukungan dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang bagi pembangunan dan kondusivitas daerah di Sumbar. Sebab, kondisi yang kondusif akan mendukung pembangunan daerah itu sendiri.

“Sumbar merasa beruntung dan bangga kedatangan para pemimpin yang merupakan orang-orang hebat. Untuk Danlantamal II Padang yang baru, tentu kita sangat berharap dukungannya, terutama terkait kondusivitas daerah, agar pembangunan Sumbar dapat berjalan sesuai harapan,” ucap Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan, membangun komunikasi dan saling mendukung merupakan kewajiban para pemangku kepentingan terkait. Terlebih, Sumbar menjadi bagian tak terpisahkan dari Samudera Hindia, sehingga peran serta Lantamal II Padang dalam pembangunan daerah sangat dibutuhkan.

Pacu Vaksinasi

Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono sendiri dipercaya menjabat sebagai Danlantamal II Padang, menggantikan Laksamana Pertama TNI Hargianto yang memasuki masa pensiun. Sebelumnya,  Endra Sulistiyono bertugas sebagai Koordinator Staf Ahli Koarmada III di Sorong.

Usai serah terima tugas dengan Laksamana Pertama TNI Hargianto, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono mengatakan bahwa dirinya akan melanjutkan program serbuan vaksinasi maritim yang telah berjalan selama ini di Lantamal II Padang. Sebab, tugas ini merupakan perintah langsung dari Presiden RI Joko Widodo, yang telah diteruskan kepada Panglima TNI dan kepada Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono.

“Nantinya, serbuan vaksinasi maritim akan menjangkau masyarakat yang berada di pulau terluar, terisolir, dan susah dijangkau. Nanti kita akan laksanakan vaksinasi di laut dengan menggunakan KRI,” kata Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono. (h/isq)

Exit mobile version