Pengurus NU Pasaman Gelar Halalbihalal Bersama Tokoh Muda Pasaman Ulul Azmi

Ulul Azmi

Pengurus Cabang NU Kabupaten Pasaman gelar halalbihalal bersama Ulul Azmi beserta badan otonom di Tanjung Aro II Padang Gelugur, Jumat (6/5/2022). IST

HALUANNEWS, PADANG – Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Pasaman gelar halalbihalal bersama Ulul Azmi beserta badan otonom baik tingkat cabang maupun anak cabang di Tanjung Aro II Padang Gelugur, Jumat (6/5/2022).

Selain dihadiri pengurus NU, muslimat, GP Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU, BANOM NU, hadir juga ulama atau kiai sepuh non-struktural, lembaga NU, Lajnah NU, Ketua STAINU.

Acara diawali pembukaan, bacaan ayat suci Al-Qur’an, Lagu Indonesia Raya dan Salawat Nabi yang dipimpin Ahmad Yani dari PCNU, sambutan dari Ulul Azmi dan dilanjutkan tausyiah, serta doa bersama.

Pada ceramah Ustaz Asyhari Hasan memaparkan uniknya NU, yang keberadaannya menjadi kekuatan Islam terbesar saat ini. Adapun dalam ranah berbangsa dan bernegara, NU telah meletakkan dasar beragama dan bernegara. 

“KH Wahid Hasyim dulu ikut merumuskan Pancasila dan menginisiasi lahirnya PTAIN (sekarang UIN) dan Departemen Agama. Semua itu, manfaatnya masih bisa kita rasakan sampai saat ini. Selaku pelayan masyarakat, kita hendaknya meneruskan perjuangan tersebut dan terus-menerus mengupayakan kemaslahatan umat,” ucap ustad.

Ketua PCNU Kabupaten Pasaman, Asrial Arfandi Hasan dalam sambutannya menegaskan peran dan kontribusi NU di Pasaman begitu nyata di masyarakat.

Alhamdulillah, dan terima kasih kami ucapkan atas kehadiran adinda Ulul Azmi bersama rombongan ke Kantor PCNU Kabupaten Pasaman. Semoga silaturahmi antara NU dengan sahabat Ulul Azmi berkelanjutan dan berkesinambungan, serta saling berbagi ilmu dan rezeki.

“Santunan sahabat adinda Ulul Azmi kepada anak yatim yang ada di sini, semoga Allah mudahkan rezeki adinda Ulul Azmi dan keluarga. Terakhir, selamat datang kepada sahabat Ulul Azmi bersama rombongan, semoga kita semua mendapat keberkahan dari Allah,” ujarnya.

Sementara itu, Ulul Azmi selaku Tokoh Muda Pasaman mengatakan, ketika berada di NU ia seperti pulang ke rumah sendiri, karena banyak nostalgianya di NU ini.

“Semoga para tokoh NU dapat menjadi pengayom bagi semua kalangan masyarakat, sehingga lahirlah pemimpin-pemimpin muda yang  beriman. Kami selaku pemuda Pasaman akan selalu berusaha ikut berkontribusi dalam mewujudkan Pasaman yang lebih baik dan bermartabat,” ujarnya.

“Kami mohon saran dan bimbingan dari senior-senior sahabat NU, agar kami tahu langkah yang dapat kami ambil demi kemajuan kampung halaman kita ini. Sedikit santunan yang kami berikan semoga dapat bermanfaat bagi adik-adik kami anak yatim, tetap semangat berkarya untuk masa depan,” tuturnya.

Menurut Saidun, sahabat NU selaku panitia, adapun undangan untuk pengurus cabang dan anak cabang baik NU maupun Badan Otonom ditambah undangan umum, tokoh masyarakat dan instansi yang pada akhirnya mencapai 100-an orang. 

“Ini sengaja panitia mengundang pengurusnya, karena mereka-merekalah yang bekerja dan mengabdi untuk NU di masyarakat,” ucap Ketua PC NU Pasaman.

“Selain untuk silaturahmi dan merajut kebersamaan, acara ini juga dalam rangka memantapkan pemahaman kebangsaaan,” ujarnya, (*)

Exit mobile version