Mudahkan Pemudik, Diskominfo Sumbar Luncurkan Informasi Mudik Digital

Informasi Mudik Digital

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sumatra Barat, meluncurkan fasilitas informasi mudik digital seputar Lebaran 2024 yang dapat diakses masyarakat selama 24 jam non stop di ponsel pintar masing-masing.

Fasilitas informasi tersebut, menyajikan informasi arus lalu lintas mudik, fasilitas, posko mudik dan nomor penting lainnya yang mungkin diperlukan masyarakat ketika mengalami kendala dalam perjalanan mudik.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumbar, Siti Aisyah mengatakan, kehadiran aplikasi digital itu merupakan wujud komitmen seluruh OPD Pemprov Sumbar untuk memberikan pelayanan maksimal bagi para pemudik dan perantau yang pulang kampung.

“Dengan mengakses aplikasi ini, masyarakat bisa mengakses CCTV di kabupaten dan kota, informasi jalur alternatif, lokasi posko Lebaran beserta nomor handphone petugas. Kemudian posko dan informasi lokasi fasilitas umum terdekat, seperti rumah sakit, ATM, SPBU dan rumah makan,” ujarnya saat memimpin konferensi pers kesiapan Sumbar menyambut musim mudik Lebaran 1445 H, Kamis (4/4/2024)

Siti Aisyah menjelaskan, layanan SMS Gateway pada aplikasi digital itu, bekerja sama dengan Telkomsel. Sistem SMS Gateway akan mengirimkan pesan secara otomatis saat user memasuki pintu gerbang Provinsi Sumatra Barat dari provinsi tetangga.

“Yaitu di gerbang utama masuk Sumbar dari Dharmasraya atau di Sungai Rumbai, gerbang masuk Sumbar Pangkalan bagi pemudik dari Riau, serta di Jam Gadang dan Kota Padang,” ujarnya.

Siti Aisyah mengatakan, ketika masyarakat bertanya, mengirimkan pesan atau melakukan pengaduan ke nomor hotline yang tersedia, petugas akan langsung merespon dan menjawab, atau bahkan mengirimkan pesan ke Group Whatsapp Lebaran.

“Di dalam aplikasi digital juga ada fitur Linktree s.id/mudiksumbar yang akan menampilkan seluruh informasi Lebaran 1445 H dalam bentuk image, seperti info CCTV di kabupaten kota, informasi jalur alternatif, lokasi posko dan kontak petugas posko, lokasi ATM, rumah sakit, SPBU hingga video panduan pariwisata Sumbar,” ujar Siti Aisyah

Selain menyediakan aplikasi mudik digital, untuk memberikan pelayanan mudik maksimal bagi masyarakat, Diskominfotik Sumbar juga melakukan optimalisasi penyebaran informasi Lebaran.

Hal itu dilakukan dengan penyediaan delapan unit videotron yang ditempatkan di sejumlah lokasi di kabupaten kota, optimalisasi media sosial ASN Pemprov Sumbar, hingga media sosial resmi pemprov dan OPD yang dipastikan akan selalu diupdate secara berkala.

“Kita juga melakukan publikasi aktif kepada seluruh perantau Minang dimanapun berada lewat badan penghubung Pemprov Sumbar. Semoga dengan adanya aplikasi ini, perantau maupun wisatawan yang datang ke Sumbar nyaman dan terlayani dengan baik,” tuturnya. (*)

Exit mobile version