SPSP Gelar Aksi Donor “Menjadi Pahlawan dengan Sekantong Darah”

Salah seorang peserta tengah mendonorkan darahnya pada aksi bertema “Menjadi Pahlawan dengan Sekantong Darah”, yang digelar Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) bekerja sama dengan PMI Kota Padang di GSG PT Semen Padang, Rabu (17/11). IST/HUMASPTSP

PADANG, HALUAN — Merespons kebutuhan stok darah donor yang terus meningkat, Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) bekerja sama dengan PMI Kota Padang kembali menggelar aksi donor darah rutin yang mengusung tema “Menjadi Pahlawan dengan Sekantong Darah”. Aksi sosial ini dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Kompleks Indarung, Rabu (17/11).

“Pada donor darah hari ini, SPSP berhasil mengumpulkan 271 kantong darah. Jumlah tersebut jauh melebihi target semula sebanyak 200 kantong darah,” kata Ketua Bidang III Organisasi dan Hubungan Eksternal SPSP, Arief Rahman Hakim, usai aksi sosial tersebut.

Selain menyediakan suvenir berupa sajadah dan tasbih bagi 200 pendonor pertama, aksi sosial yang dibanjiri karyawan Semen Padang Group dan masyarakat umum itu juga diisi dengan lomba foto berhadiah jutaan rupiah bagi para pendonor, yang terdiri dari dua kategori, yaitu foto favorit dan foto terbaik.

“Lomba foto ini hanya diikuti pendonor. Syaratnya, foto diambil di area donor darah. Kemudian diungga ke media sosial pendonor dengan menuliskan #donordarahspsp2021.  Pemenang favorit dinilai berdasarkan like dan komen. Sedangkan foto terbaik dinilai oleh dewan juri SPSP. Pemenang favorit diberikan pada tiga orang, dan foto terbaik ada juara 1 dan 2,” ujar Arif.

Ada pun Ketua Panitia Donor Darah SPSP, Arif Rahman Dasril mengatakan, aksi donor darah ini menjawab persoalan terkait stok darah di PMI Kota Padang yang terus menurun, terlebih sejak pandemi Covid-19 berlangsung. Bahkan, kebutuhan darah per hari yang rata-rata 150 kantong dengan stok biasanya mencapai 1.000 kantong per hari, akhir-akhir ini turun menjadi 500 kantong.

“Stok darah yang rata-rata 500 kantong itu tentu cukup urgent, makanya SPSP menggelar donor darah. Untuk itu, marilah kita menjadi pahlawan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan darah,” katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Padang Akhiruddin, menyatakan apresiasinya terhadap SPSP, karena Kota Padang sebagai pusat pelayanan kesehatan di Sumbar memang membutuhkan banyak stok darah. Apalagi, sejak pandemi kebutuhan darah meningkat, sementara stok menurun. “Kegiatan ini sangat membantu PMI Kota Padang,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, kegiatan donor darah rutin dilakukan di lingkungan PT Semen Padang sebanyak empat kali dalam setahun. Di mana, pada tahun 2021 ini, sudah empat kali dilaksanakan, yakni pada awal Februari 2021, 7 April 2021 dalam rangka milad SPSP ke-19, 15 September 2021, dan 17 November 2021 ini.

“Tentu kita berharap aksi sosial ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama selama masa pandemi, selain juga bertujuan untuk memutus kemungkinan adanya jual beli darah yang tentunya sangat memberatkan bagi pasien dan keluarga pasien,” ucap Anita. (h/rel)

Exit mobile version