Jadi Rujukan Sejumlah Pulau, Pemkab Kepulauan Mentawai Resmikan RSP Siberut Selatan

RSP Siberut

Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet meresmikan RSP Siberut Selatan, Rabu (18/5/2022). IST

HALUANNEWS, MENTAWAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai meresmikan Rumah Sakit Pratama (RSP) Tipe D di Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Sumatra Barat (Sumbar).

Kehadiran fasilitas kesehatan itu akan menjadi rujukan dari sejumlah puskesmas di sejumlah pulau di Mentawai.

Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet mengatakan, Kepulauan Mentawai baru memiliki satu rumah sakit umum daerah yaitu di Sipora, sementara di Siberut, Pagai Utara dan Pagai Selatan belum ada rumah sakit.

“Sehingga untuk merujuk pasien dari Siberut ke Sipora hampir sama Siberut-Padang harus menempuh laut. Ini alasan kita harus ada rumah sakit di tiap Pulau Siberut, Pagai Utara dan Pagai Selatan,” kata Yudas.

Yudas mengaku, peresmian rumah sakit tersebut merupakan salah satu visi misinya dalam peningkatan pelayanan kesehatan yang harus dituntaskan, sebelum melepaskan jabatan sebagai kepala daerah dalam tahun ini.

Di samping itu, Yudas menambahkan, dalam waktu dekat Bandara Rokot juga akan mulai beroperasi, yang diagendakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan tersebut, Yudas menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Kepulauan Mentawai atas kekurangan dan kesalahan selama menjadi kepala daerah dua periode terakhir.

“Kami memohon maaf kepada seluruh masyarakat atas ketidakmampuan kami untuk mewujudkan apa yang dipikirkan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Desti Seminora mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Pratama Siberut merupakan jawaban dari proposal kepada Kementerian Keuangan pada APBD Perubahan 2016, untuk melakukan transfer ke Kas Daerah sebesar Rp25 miliar lebih.

Ia menyebutkan, sudah ada 15 bangunan penunjang Rumah Sakit Pratama yang selesai 100 persen, namun masih ada sebagian ruangan rumah sakit yang masih dalam penyelesaian, yaitu ruangan radiologi, pos satpam, drainase dan turap yang ditargetkan selesai sebelum 9 Agustus 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, Ketua DPRD Mentawai, Yosep, Kadis Kesehatan Mentawai, Desti Seminora, Forkopimda, sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Mentawai, Forkopimcam Siberut Selatan dan undangan lainnya. (*)

Exit mobile version