Warga Kelurahan Padang Besi Gelar Lomba Memasak Rendang

PERTAMA KALI DIGELAR

masak rendang

Masyarakat Kelurahan Padang Besi mengikuti lomba merandang di Kantor Lurah Padang Besi, Kecamatan Luki, Kamis (19/5/2022). IRHAM

HALUANNEWS, PADANG – Masyarakat Kelurahan Padang Besi mengikuti lomba merandang di Kantor Lurah Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki), Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Kamis (19/5/2022).

Peserta yang mengikuti lomba tersebut terdiri dari  lima RW. Selain itu, peserta dalam lomba marandang ini juga memakai baju kurung khas Minangkabau.

“Kita mengadakan kegiatan membuat rendang untuk tingkat Kelurahan Padang Besi, yaitu antar RW,” kata Yendrawati selaku Ketua Bundo Kanduang Kelurahan Padang Basi.

Ia menyebutkan, ada lima RW dalam pelaksanaan lomba kali ini dalam membuat makanan khas Minangkabau. “Anggotanya tidak ditentukan, tergantung orang-orang yang diutus berapa perwakilannya,” ujarnya.

Ia mengatakan, makna kegiatan ini untuk melestarikan cara memasak rendang ala Minangkabau. Kegiatan ini juga masih dalam rangka halalbihalal setelah Lebaran Hari Raya Idulfitri 1443 H.

“Memasak rendang kali ini mengikuti orang tua kita terdahulu, yaitu masih memakai kayu bakar dan pakai abut kelapa,” katanya.

Setelah dinilai dan didapatkan siapa pemenangnya. Para peserta juri dan peserta lainnya akan melanjutkan kegiatan ini dengan makan bersama di Kantor Lurah Lubuk Kilangan. Ia berharap, warga Minang semakin gencar melestarikan makanan rendang yang telah diakui dunia.

“Pada saat proses memasak rendang, para peserta juga memakai baju kurung khas Minangkabau. Rencananya tahun depan kita rencanakan lagi kegiatan ini untuk anak remaja,” katanya. Harapannya, agar anak remaja bisa memasak dan bisa membuat rendang.

Waluyo Yuwono selaku Lurah Padang Besi mengatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali digelar. “Ini perdana dan kita adakan di tingkat RW. Penilaiannya persiapan tim, proses memasak dari meracik bumbu, kekompakan tim, penyajian, rasanya dan menilai pakaian,” katanya.

Setiap tim juga diminta untuk melakukan persentasi dari hasil masakannya masing-masing dengan bercerita proses memasaknya. Biaya dalam melaksanakan kegiatan ini dilakukan secara “badoncek” atau patungan, karena baru perdana. “Kita menyediakan piala dan piagam,” kata Waluyo Yuwono.

Pada waktu yang bersamaan Camat Lubuk Kilangan, Elfian, mendukung kegiatan lomba memasak randang ini. Hal ini dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga se-Kelurahan Padang Besi. “Harapannya semoga Kelurahan Padang Besi menjadi lebih baik kedepannya,” tutupnya. (*)

Exit mobile version