BUMNag Anrila Sejahtera Padang Pariaman Sukses Budidayakan Galo-galo

HALUANNEWS, PADANGPARIAMAN – Anggota DPRD Provinsi Sumbar Jasman Juni mengapresiasi Badan Usahan Milik Nagari (BUMNag) Anrila Sejahtera Nagari Lurah Ampalu Kabupaten Padang Pariaman sukses kembangkan budidaya trigona atau galo-galo di nagari itu.

Budidaya Galo-galo ini diyakini akan sangat berdampak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan BUMNag Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman.

“Ini sangat bagus, BUMNag berhasil melakukan budidaya madu Galo-galo, sehingga bisa memberikan penghasilan bagi BUMNag sendiri,” kata Jasma Juni saat menghadiri panen madu galo-galo di Padang Pariaman, Sabtu (21/5).

Ia menilai melalui budidaya ini sangat mudah, jika dibandingkan dengan budidaya yang lain. Karena, hanya membeli indukan dan tidak perlu memberi makan dan sebagainya.

“Jadi kalau kita ternak ayam kita perlu memerhatikan makan dan minumnya, tapi kalau galo-galo ini tidak, cukup sediakan saja diperkarangan tumbuhan yang berbunga untuk makannya,” katanya.

Politisi Gerindra ini menyampaikan, tugas bersama kedepan yang perlu dilakukan adalah mencarikan pasarnya, sehingga BUMNag ini bisa meningkatkan penghasilannya.

“Kita akan pikirkan kedepan bagaimana huku dan hilirnya, usaha ini sangat menjikan selain manfaat ekonomi juga manfaat kesehatan,” kata.

Sementara itu, Wali Nagari Lurah Ampalu, Ais Syuria mengatakan saat ini BUMNag Nagari Lurah Ampalu memiliki 45 kotak galo-galo yang dianggarkan melalui dana desa.

“Kita anggarkan pada tahun 2021 kemarin 60 juta, dan dipergunakan untuk membeli indukan serta perlengkapan lain, seperti alat panen, baju dan sebagainya,” kata Ais.

Lebih lanjut disampaikan Ais ini merupakan panen ke empat, dan selama ini pemasaran baru untuk masyarakat sekitar dan perantau asal dareah itu yang berada di beberapa daerah.

“Pemasaran kami saat ini baru sebatas promosi melalui media sosial, dan para masyarakat serta perantau kita,” katanya.(*)

Reporter: Imam Yuhendra

Exit mobile version