Antisipasi PMK, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto Semprot Disinfektan ke Kandang Sapi

Semprot kandang

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan melakukan penyemprotan disinfektan dalam mencegah penyakit PMK di Desa Muaro Kalaban, Rabu (25/5/2022). IST

HALUANNEWS, SAWAHLUNTO – Mencegah dan memastikan hewan ternak di Kota Sawahlunto terbebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) bersama UPTD Puskeswan Sawahlunto melakukan pengecekan pada kandang ternak warga.

Salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang sapi di Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (26/5/2022).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Heni Purwaningsih mengatakan, pemeriksaan ini sebagai bentuk untuk memastikan hewan ternak warga sehat dan terhindar dari PMK. Selain itu, juga dilakukan pemberian vitamin dan penyemprotan di kandang-kandang warga.

“Kami  melakukan pemeriksaan klinis pada mulut dan kuku sapi, pemberian vitamin. Selain itu, kami juga melakukan penyemprotan pada kandang ternak untuk mencegah penularan PMK,” kata Heni Purnawingsih.

Tidak saja melakukan penyemprotan disinfektan, Heni menuturkan, pihak dinas juga melakukan bentuk pencegahan, seperti pemberian vitamin pada hewan ternak dengan dibantu oleh pihak UPTD Puskeswan.

“Tim Puskeswan juga melakukan penyuluhan dan edukasi tentang penyakit PMK yang telah meresahkan para peternak,” ucapnya.

Dalam kegiatan penyemprotan tersebut, salah satu warga pemilik ternak mengaku khawatir dengan adanya PMK yang menyerang pada ternak hewan sapi belakangan ini, karena dapat menyebabkan kerugian ekonomi.

“Terima kasih kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, serta UPTD Puskeswan, yang telah melakukan upaya pencegahan sedini mungkin, untuk melakukan penyemprotan disinfektan,” kata salah satu peternak di Desa Muaro Kalaban.

Selain itu, Dinas KP3 juga melakukan monitoring ke rumah potong hewan dan melakukan sosialisasi tatap muka. Dalam mengantisipasi lebih lanjut, Kota Sawahlunto memberlakukan larangan pemasukan ternak dari luar daerah sesuai aturan dari provinsi. (*)

Exit mobile version