Geowisata Pincuran Puti Bawa Talang Serumpun Raih Terbaik II di Busines Plan Competition BUMNag Sumbar 2022

KONTRIBUTOR HN1 - ULIL AMRI

BUMNag Talang Serumpun Nagari Talang Babungo terbaik II kegiatan Busines Plan Competition Tingkat Sumatera Barat

HARIANHALUAN.id – Busines Plan pengelolaan Geowisata Pincuran Puti oleh BUMNag Talang Serumpun Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti meraih peringkat terbaik II pada Kegiatan final Business plan Competition BUMNag se-Sumatera Barat di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Sabtu (17/12/22).

Kegiatan yang diikuti 10 BUMNag hasil seleksi sebelumnya tersebut dilaksanakan oleh Universitas Taman Siswa melalui BUMNag Development Center (BDC) Universitas Taman Siswa yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Business Plan Competition merupakan kegiatan lomba antar BUMNag/BUMDes tingkat Sumatera Barat, dimana peserta dari masing-masing BUMNag menyajikan proposal perencanaan bisnis yang dijalankan. Final lomba Business Plan tersebut merupakan penampilan presentasi perencanaan usaha/bisnis BUMNag yang telah lolos dari tahap seleksi sebelumnya.

Dari sekitar 200-an undangan peserta dan memasukkan proposal busines plan sebagai bahan seleksi maka terpilih 10 BUMNag dengan proposal terbaik untuk mengikuti final lomba busines plan melalui presentasi langsung dihadapan dewan juri.

BUMNag Talang Serumpun menyampaikan busines plan unit usaha pada bidang pariwisata yaitu pengelolaan geowisata pincuran puti. Pemaparan Pengurus BUMNag, Erni Nurafika pada sesi presentasi final busines plan competition tersebut menyampaikan bahwa usaha unggulan BUMNag Talang Serumpun adalah dengan pengelolaan geowisata Pincuran Puti, sebagai objek wisata yang dibangun melalui dana desa. Objek wisata yang diresmikan oleh wakil gubernur Sumatera Barat pada 26 desember 2021 ini menyajikan pemandangan alam yang indah dan spot-spot wisata dengan konsep eco-building serta mengutamakan pemberdayaan masyarakat nagari.

“Geowisata Pincuran Puti ini memberikan pengalaman wisata alam dengan konsep eco-building, dimana spot-spot yang ada terbuat dari kayu dan keberadaan wisata memberikan dampak postif terhadap kesejahteraan masyarakat. Mulai dari proses pembuatan hingga pengelolaan tetap melibatkan masyarakat sekitar sehingga pemilihan geowisata sebagai salah satu unit usaha bumnag talang serumpun sudah tepat dan memilki prospek yang baik untuk mencapai tujuan Bumnag Talang Serumpun,” ujar Pengurus BUMNag, Erni Nurafika memaparkan.

“Konsep dan perencanaan usaha yang dipaparkan oleh masing-masing peserta sudah bagus dan hanya perlu pengembangan untuk kedepannya, semua peserta hari ini adalah yang terbaik,” tambah Gusti Candra, Dewan Juri yang juga Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari saat mengumumkan pemenang lomba.

Pada lomba tersebut BUMNag Talang Serumpun berhasil meraih peringkat terbaik II sementara itu peringkat pertama diraih BUMNag Wahana Karya Mandiri dari Kabupaten Agam dan peringkat III BUMNag Gadut Sejahtera dari Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan lomba ini sebagai langkah awal dan sebagai contoh bagi BUMNag yang lain serta nantinya bumnag yang masuk 10 besar ini akan menjadi prioritas utama pembinaan dan kerjasama bagi sponsor kegiatan tersebut, seperti bank nagari, pegadaian, Jamkrida Sumbar dan BRI.
Demikian disampaikan Dr. Sepris Yonaldi, SE,MM pembina Bumnag Development Center (BDC) Universitas Taman Siswa yg sekaligus juga Rektor Universitas Taman Siswa padang pada saat menutup rangkaian kegiatan lomba. (*)

Exit mobile version