Penilaian Akreditasi Puskesmas Alahan Panjang, Tingkatkan Pelayanan

RIVO - KABUPATEN SOLOK

HARIANHALUAN.ID — Puskesmas Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kaupaten Solok menerima kunjungan tim penilaian akreditasi. Kegiatan itu akan dilakukan selama 3 hari yakni pada 16-18 Oktober 2023.

Camat Lembah Gumanti Zulbakti mengatakan, pada hari pertama kegiatan penilaian dibuka secara langsung oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Adriani, selanjutnya Tim Surveyor Re-Akreditasi UPT Puskesmas Alahan Panjang lakukan pemeriksaan dokumen (telusur dokumen) dan pemeriksaan kegiatan pemberdayaan masyarakat ke beberapa jorong di Nagari Alahan Panjang.

Dijelaskannya, beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang di bina langsung oleh Puskesmas Alahan Panjang diantaranya, pemanfaatan sampah dari buah-buahan yang dikelola menjadi pupuk eco enzim. Sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang bertani dan bagi kebutuhan rumah tangga bisa di berdayakan sebagai pembersih lantai dan sabun pencuci piring.

Program ikan larangan, dengan cara menyebarkan Ikan di sepanjang sungai demi mendukung perilaku hidup bersih dan sehat karena melalui program ini masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai.
Pos khusus merokok, melalui inovasi ini disediakan pos khusus bagi masyarakat yang ingin merokok, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terpapar asap rokok bagi keluarga di rumah.

Pada hari kedua kegiatan disambut baik oleh antusiasme masyarakat dan para wali nagari serta segenap unsur tokoh masyarakat turut ikut serta berkumpul memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Re-akreditasi.

Pada hari ketiga Tim Surveyor Re-Akreditasi lakukan wawancara lintas sektoral bersama dengan Camat Lembah Gumanti dan segenap instansi terkait lainnya.

Zulbakti menyampaikan saat ini Puskesmas Alahan Panjang walaupun dengan wilayah kerja yang cukup luas tetap dapat tercover dengan baik.

“Dan alhamdulillah tidak pelayanan kesehatannya tidak terkendala. Selain itu kegiatan yang dilaksanakan baik oleh Puskesmas maupun kegiatan di masyarakat dan pemerintah kita selalu bersinergi dan bekerjasama mensukseskan seluruh program kegiatan,”ucapnya.

Wali Nagari Air Dingin Wandi ikut menyampaikan agar Puskesmas Alahan Panjang diberikan hasil penilaian yang terbaik karena telah memberikan fasilitas pelayanan yang mumpuni dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat setempat.

Kepala Puskesmas Alahan Panjang Detrisnalianora menyampaikan bahwa tahun sebelumnya Puskesmas Alahan Panjang telah mendapatkan akreditasi utama, melalui standar pelayanan kesehatan yang telah ditingkatkan beliau berharap Puskesmas Alahan Panjang tahun ini dapat diparipurnakan.

“Alhamdulillah selama kepemimpinan kita di sini seluruh program yang mencakup standar pelayanan minimal kita selalu mendapatkan juara di tingkat Kabupaten,” tegasnya.

Sementara Ketua Tim Surveyor Re-Akreditasi Nizadi Azkha menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Puskesmas Alahan Panjang atas usaha dalam meningkatkan Standar Pelayanan Kesehatan.

“Kami yakin peningkatan mutu yang berkelanjutan akan terus diupayakan di Puskesmas Alahan Panjang ini,” ujarnya. (*)

Exit mobile version