Sumarak Salingka Danau 2023, Pemkab Solok Kolaborasi dengan Kemenparekraf

Seorang warga membeli jajanan tradisonal dalam iven Sumarak Salingka Danau 2023 berlangsung meriah. Acara yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Solok di Dermaga Danau Singkarak, Kecamatan X Koto Diateh, pada Sabtu (28/10). Rivo Septi Andries

SOLOK, HARIANHALUAN.ID — Pemerintah Kabupaten Solok menggelar Sumarak Salingka Danau 2023 di Dermaga Danau Singkarak, Kecamatan X Koto Diateh. Iven tersebut menuai  apresiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mendorong sektor wisata.

Adiyatama Direktorat Event Daerah Kementerian Parekraf RI Joko Suhartono mengatakan, Kementerian mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemkab Solok dengan menggelar Sumarak Salingka Danau.

“Apresiasi dan ucapan selamat kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Solok, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mensukseskan acara Sumarak Salingka Danau Tahun 2023,”ujarnya.

Hal itu menurutnya sesuai dengan tujuan pemerintah dalam menggali potensi pariwisata di masing masing daerah.

“Kabupaten Solok yang dikenal dengan banyak potensi tidak hanya dari segi pertanian dan holtikultura. Namun, juga dengan keindahan destinasi wisata yang mempesona serta ragam seni dan budaya,”ucapnya.

“Pengembangan potensi ini selanjutnya perlu didorong dengan promosi salah satunya ialah dengan penyelenggara iven yang berkualitas. Oleh karena itu Kemenparekraf sangat mendukung penyelenggaraan iven Sumarak Salingka Danau dengan menyajikan beragam aktivitas yang mengangkat potensi alam, potensi budaya, potensi kreatif sampai dengan produk unggulan UMKMnya,”tuturnya.

“Kami berharap iven Sumarak Salingka Danau  Tahun 2023 dapat berjalan lancar, sukses, dan semakin mengembangkan citra promosi wisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Solok sebagai destinasi wisata alam dan budaya,”ujarnya menambahkan.

Bupati Solok Epyardi Asda menyampaikan, Sumarak Salingka Danau salah satu promosi wisata yang ditampilkan di Kabupaten Solok.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa selain dari pertanian yaitu penghasil beras dan hortikultura ada sesuatu yang kita banggakan di Kabupaten Solok yaitu alam wisatanya dengan memiliki 5 danau dan alamnya yang indah dan tidak dimiliki daerah lainnya di Indonesia,”kata Epyardi.

Lebih lanjut diungkapkannya, ia yakin dengan kerja sama atau kolaborasi, dan dukungan Pemkab Solok bisa memajukan sektor pariwisata sehingga memberikan dampak yang baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Kementerian Parekraf RI yang selama ini mendukung dan berkolaborasi. Karena Kemenparekraf telah banyak memberikan bantuan infrastruktur pariwisata untuk Kabupaten Solok diantaranya panggung kesenian dan menara pandang yang ada di Dermaga Danau Singkarak Ini,”ucapnya.

Tak hanya itu, Epyardi bertekat akan kembali mengajak Kemenparekraf bersama-sama membangun pariwisata yang unggul di Kabupaten Solok.

Ketua Panitia yang juga Kepala Disparbud Kabupaten Solok Armen menjelaskan, Sumarak Salingka Danau sudah diselenggarakan mulai tanggal 26 Oktober 2023 dan berakhir pada 29 Oktober 2023.

Untuk selanjutnya kata Armen iven tersebut bakal bernama Festival Lima Danau. Dimana kegiatan itu telah masuk 10 besar di provinsi serta telah lulus seleksi administrasi di tingkat nasional.

“Untuk itu mohon doa dan dukungan kita bersama agar iven ini dapat ditetapkan sebagai iven nasional,”tuturnya.(h/rvo)

Exit mobile version