Tanggulangi Dampak Bencana Alam, Bupati Solok Epyardi Cepat Tanggap

HARIANHALUAN. ID – Bupati Solok Epyardi Asda beserta jajaran bergerak cepat dalam hal tanggap darurat bencana alam yang terjadi di sejumlah lokasi di Kabupaten Solok. Dalam beberapa hari lalu bencana alam melanda  Jorong Lurah Gadang dan Jorong Sariak Bawah, Nagari Sariak Alahan Tigo.

Guyuran hujan cukup deras menyebabkan terjadinya banjir bandang di Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti. Juga terjadi lima titik dan terbannya bahu jalan dan sehingga jalur akses jalan raya Sariak – Sungai Abu lumpuh total. Hal itu tersebut sangat berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat dengan naiknya harga pangan.

Bupati Solok memerintahkan, dinas pekerjaan umum berserta anggota untuk turun  kelokasi kejadian dan segera melakukan tindakan untuk mengatasi permasalah tersebut. Bupati juga menyediakan anggaran Rp 2,1 miliar untuk penanggulangan akibat bencana tersebut.

Sebelumnya pemerintahan nagari, tokoh masyarakat dan pemerintah kecamatan rapat koordinasi di Kantor Camat Hiliran Gumanti melaksanakan musyawarah perencanaan  gotong royong untuk mencarikan jalan alternatif sementara dalam penanggulangan dampak bencana tersebut.

Walinagari  Sungai Abu  Padri Wanto dan Walinagari Sarik Alahan Tigo Baharuddin kepada media ini menyampaikan ucapan terima kasih masyarakat atas perhatian capat dari Bupati Solok Epyardi Ada yang menurukankan jajarannya mengatasi dampak dari bencana alam tersebut.

Dia berharap dampak bencana tersebut bisa segera pulih sehingga bisa pula memulihkan perekonomian masyarakay yang terdampak. (rel/aye)

Exit mobile version