Masyarakat Solok Sumbangkan Rp1 Miliar untuk Palestina

Bupati Solok, Epyadi Asda saat menghadiri acara Kabupaten Solok Peduli Palestina yang diadakan di Masjid Darussalam, Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok. IST

SOLOK, HARIANHALUAN.ID — Pemerintah Kabupaten (Kabupaten) Solok bersama masyarakat serta lembaga agama dan sosial mengadakan zikir dan doa bersama serta penggalangan dana dalam rangka kepedulian terhadap rakyat Palestina di Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru, Sabtu (16/12). Dari penggalangan tersebut ditargetkan terkumpul dana senilai Rp 1 miliar.

Mengawali kegiatan dilaksanakan salat Dhuha berjamaah dan mengirimkan doa serta shalawat dan zikir bersama untuk rakyat Palestina. Bupati Solok, Epyardi Asda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama umat Islam dan melihat kesulitan yang tengah dihadapi oleh saudara saudara sesama muslim yang ada di Palestina.

“Sebagai umat Islam merupakan kewajiban kita bersama untuk menyampaikan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang ada di Palestina,” katanya.

Epyardi menyampaikan, salah satu bentuk kepedulian yang dilaksanakan ialah berupa zikir dan doa bersama serta melakukan penggalangan dana yang akan diberikan untuk saudara-saudara sesama muslim yang ada di Palestina.

“Kami menargetkan mengumpulkan dana senilai Rp1 miliar dan saat ini diketahui telah terkumpul sebanyak kurang lebih Rp800 juta yang bersumber dari sumbangan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan, mulai dari tingkat nagari sampai dengan unsur yang ada di tingkat Kabupaten Solok. Sumbangan ini masih terus mengalir dalam bentuk bantuan-bantuan dari saudara-saudara kita di Kabupaten Solok,” ujarnya.

Pada penggalangan dana itu Epyardi Asda beserta seluruh keluarga menyumbangan uang senilai Rp150 juta.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan yang ikut hadir menyampaikan bahwa Indonesia selalu konsisten mendukung perjuangan Palestina. “Semenjak negara ini belum merdeka hingga sekarang sampai Palestina mendapatkan kemerdekaannya. Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina,” ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia juga selalu memberikan dukungan untuk kemerdekaan Palestina, baik secara diplomasi maupun secara langsung, di mana telah banyak dikirim bantuan serta peralatan medis dan obat-obatan.

Zulkifli Hasan mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Solok untuk ikut serta menyampaikan kepedulian melalui doa yang dikirimkan untuk saudara-saudara muslim yang berjuang di Palestina. Dalam kesempatan itu Menteri Perdagangan RI tersebut turut ikut memberikan sumbangan secara pribadi sebanyak Rp50 juta.

Ikut hadir dalam aksi tersebut Forkopimda, TP-PKK dan Dharmawanita, Kantor Kementerian Agama Solok, BUMN dan BUMD, ormas Islam, Baznas Kabupaten Solok, UPT/UPTD Pendidikan serta tokoh-tokoh agama dan masyarakat se-Kabupaten Solok serta anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi dan Wali Kota Padang, Hendri Septa. (h/rvo)

Exit mobile version