Lestarikan Tari Piring, Disparbud Solok Rangkul Grup Seni Tradisi

KABUPATEN SOLOK, HARIANHALUAN.ID- Dalam melestarikan seni tradisi di Kabupaten Solok khususnya tari piring, Dinas Pariwisata dan Budaya Solok merangkul para pelaku seni agar berkomitmen bersama dalam menjaga dan melestarikan seni tradisi.

Disparbud Kabupaten Solok memberikan motivasi kepada pelaku seni seperti grup seni Galombang Saiyo Jorong Kapalo Danau Bawah, Grup pidato adat slSurau Jilapuang Nagari Gauang dan Grup Seni Salingka Usak anagari Alahan Panjang, Minggu, (3/2/2024).

PLT Wali Nagari Koto Baru Irman menyebutkan seni tradisi di Kabupaten Solok semakin lestari. Menurutnya, Seni tradisi dulu dipandang sebagai sesuatu yang kuno dan kurang diminati.

“Sekarang di Kabupaten Solok seni tradisi semakin dicintai, terlihat dengan banyak rangkaian pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok. Terutama tari piring khas kita,” ujarnya.

Ia menyampaikan kepada pelaku Seni yang tersebar di berbagai jorong di Kabupaten Solok agar tidak larut dalam masa lalu tanpa ada upaya untuk pelestarian dan alih generasi.

“Dengan banyaknya grup Seni sekarang, dan bantuan berupa alat kesenian sehingga diharapkan Seni tradisi itu tetap bertahan dan lestari. Sehingga mandapek urang nan daulu indak kehilangan urang nan kudian,” tutup Irman.

Exit mobile version