Sanggar Lubuk Limpapeh Peringati Hari Jadi Keenam

SOLOK, HARIANHALUAN.ID- Sanggar Lubuk Limpapeh merayakan ulang tahun yang ke-6 dengan pertunjukkan seni-seni tradisi dan kreasi Minangkabau, Sabtu (24/2/2024).

Pertunjukan yang berlangsung di halaman Gedung Sanggar Seni Lubuk Limpapeh, Jorong Lubuk Agung Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok itu mampu menarik perhatian ratusan masyarakat untuk menyaksikan pentas seni dan budaya tradisional yang memadati lokasi acara.

Pembina Sanggar Joni Akhiar yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan awal terbentuk sanggar itu bermula sebagai wadah untuk menyalurkan bakat-bakat seni anak-anak muda di sekitarnya.

Seiring dengan berjalannya waktu sanggar seni ini telah banyak mengisi acara baik itu di tingkat jabupaten maupun tingkat nasional. Selain itu sanggar ini juga banyak mendapat permintaan bagi masyarakat yang melakukan hajatan kenduri di Sumatra Barat.

“Pertunjukkan seni-seni tradisi dan kreasi ini adalah bentuk rasa syukur terhadap bertambahnya usia sanggar yang masih tetap eksis di usia ke enam sejak pertama kali dibentuk,” ucapnya.

Ia berharap sanggar yang ia bina terus menunjukkan kemajuan, termasuk pula ada pengembangan program kesenian yang lain, khususnya untuk anak-anak dan remaja.

“Acara perayaan ulang tahun ini menggambarkan tekad Sanggar Seni Lubuk Limpapeh untuk melestarikan seni tradisional di tengah kencangnya modernisasi. Sekaligus mendorong inovasi dalam seni dan budaya, juga untuk membuka peluang kolaborasi kesenian lintas kebudayaan,” tuturnya.

Pada kesempatan ini juga hadir Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan yang sekaligus Plt. Wali Nagari Koto Baru. Ia menyampaikan bahwa setiap tahun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan festival Lima Danau yang dikemas dengan adanya lomba-lomba seni tradisi anak nagari.

Tahun 2024 ini rencananya, akan dilaksanakan lomba tari piring tradisi dan pidato adat dari masyarakat. Kemudian juga beberapa lomba tambahan seni tradisi anak nagari secara tidak langsung dapat melestarikan seni budaya di Minangkabau.

Perayaan hari jadi Sanggar Lubuk Limpapeh kali ini, juga mengundang sanggar seni di dalam dan di luar Nagari Koto baru. Diantaranya, Sanggar Carano Pusakobdari nagari Tanjung Balik kec XKoto Diatas, sanggar Ilau dari nagari Salayo, Sanggar Suluah Galanggang sehingga dapat saling bersilahturahmi dengan sanggar yang hadir.

Diakhir acara Seluruh pencinta seni tradisi Minangkabau yang hadir makan bersama guna mempererat hubungan silahturahmi.

Exit mobile version