Pimpin Apel Awal Tahun 2025, Wawako Solok: “Biduak Lalu Kiambang Batauik”

Wakil Wali Kota Solok Dr.H.Ramadhani Kirana Putra menyerahkan penghargaan kepada satuan kerja yang mendapat predikat terbaik atas capaian kinerja tahun 2024, di sela pelaksanaan apel perdana awal tahun 2025 di halaman Kantor Wali Kota Solok, Kamis (2/1). Ist

KOTA SOLOK, HARIANHALUAN.ID – Mengawali Tahun 2025, Wakil Wali Kota Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra memimpin apel gabungan perdana seluruh ASN lingkup Balaikota Solok, di Halaman Balaikota Solok, Selasa (2/1).

Turut hadir, Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, Asisten Sekda, Staf Ahli Wako,  Kepala OPD, camat, lurah, ASN lingkup Balaikota Solok serta perwakilan Ombudsman Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Wali Kota Dr. H. Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya mengatakan, apel gabungan mengawali tugas pada tahun 2025, sebagai langkah awal untuk mewujudkan harapan dan tujuan  bersama dalam membangun Kota Solok yang lebih berkah maju dan sejahtera.

“Tahun 2025 ini merupakan tahun yang penuh tantangan, tetapi juga penuh peluang. Kita harus optimis, bekerja lebih keras, dan lebih cerdas dalam menghadapi dinamika yang ada,”sebut Wawako.

Sebagai aparatur pemerintah, ada tanggung jawab besar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Solok untuk memperkuat komitmen  dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, transparan, dan akuntabel.

“Kami mengingatkan seluruh ASN untuk selalu menjaga integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas. Kepercayaan masyarakat kepada kita adalah harga diri kita sebagai aparatur pemerintah. Mari kita tunjukkan bahwa kita bukan hanya bekerja untuk memperoleh gaji, tetapi juga untuk menjalankan amanah yang telah diberikan oleh rakyat,” ucap Wawako 

Tahun 2025 ini juga merupakan momentum penting untuk terus memperbaiki kualitas tata kelola pemerintahan dan mempercepat pembangunan di berbagai sektor. Setiap langkah diambil harus berorientasi pada kepentingan masyarakat, karena keberhasilan pemerintah adalah keberhasilan masyarakat Kota Solok.

Kami juga ingin mengingatkan bahwa tantangan terbesar kita ke depan adalah bagaimana kita dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan zaman. Teknologi, inovasi, dan keberagaman tantangan sosial dan ekonomi harus kita hadapi dengan kepala dingin, tetapi tetap penuh semangat untuk melayani.

“Kita harus terus berinovasi untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang kita berikan kepada masyarakat lebih baik, lebih cepat, dan lebih transparan. Pemanfaatan teknologi informasi, seperti aplikasi pelayanan online, harus semakin kita maksimalkan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan layanan,” ungkap Wawako.

Dhani meminta untuk menjadikan tahun 2025 ini sebagai tahun untuk berinovasi, bekerja lebih efisien, dan lebih proaktif dalam merespons kebutuhan masyarakat. Mempererat sinergi antar instansi, meningkatkan kerja sama dengan masyarakat dan sektor swasta, serta mendorong partisipasi publik dalam setiap langkah pembangunan.

“Biduak lalu kiambang batauik” jangan sampai silaturahmi kita terputus, Wawako selalu mengingatkan itu jauh-jauh hari, sebelum dan sesudah Pilkada 2024 kemarin,” ujarnya.

Setiap individu memiliki peran yang penting, sebagai bagian dari tim besar yang harus saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama. Dengan kebersamaan, diharapkan bisa menghadapi segala tantangan dengan lebih mudah.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan  diantara nya Piagam penghargaan unit kerja pelayanan berpredikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Menteri PANRB diberikan kepada Disdukcapil Kota Solok.

Kemudian Piagam penghargaan sebagai Pemerintah Daerah terbaik Mitra KPPN Solok atas capaian Kinerja Pemda TA 2024, diberikan kepada BKD Kota Solok 

Selanjutnya Piagam penghargaan dari Ombudsman RI dalam Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024) kepada  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Solok (94.20) dengan opini pelayanan kualitas tertinggi. Puskesmas KTK Kota Solok (92,35) dengan opini pelayanan kualitas tertinggi.

Selanjutnya Puskesmas Tanjung Paku Kota Solok (92,27) dengan opini pelayanan kualitas tertinggi. Disdukcapil Kota Solok (91,50) dengan opini pelayanan kualitas tertinggi. Dinas Pendidikan Kota Solok (89,11) dengan opini pelayanan kualitas tertinggi. Serta Dinas Sosial (83,53) dengan opini pelayanan kualitas tinggi. Terakhir Penyerahan Penghargaan Inovative Government Award (IGA) 2024 sebagai Kota sangat inovatif diberikan kepada Balitbang Kota Solok. (*)

Exit mobile version