Hari Ibu Momentum Penguatan Peran Perempuan dalam Pembangunan Daerah

SOLOK, HARIANHALUAN.ID — Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra menghadiri Peringatan Hari Ibu Ke-95 yang dihelat oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Solok di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Senin (18/12).

Peringatan Hari Ibu yang di gelar GOW Kota Solok kali ini mengangkat tema “Perempuan Berdaya dan Berkarya”. Acara tersebut turut dihadiri Forkopimda Kota Solok; Ketua GOW Kota Solok, Donna Ramadhani Kirana Putra; Ketua DWP Kota Solok Rida Syaiful; serta OPD terkait.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana, Eli Umar Rivai menyebutkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.

“Bahwa kemajuan suatu daerah itu berpangkal dari peran perempuan harus diakui secara jujur dan berterus terang. Oleh sebab itu, mari bersama-sama kita membangun sinergitas agar kota yang cintai ini terus tumbuh dan berkembang di masa depan,” katanya.

Sementara itu, Ketua GOW Kota Solok, Donna Ramadhani Kirana Putra juga menjelaskan,  tema yang diangkat kali ini memiliki makna bahwa perempuan tidak hanya berdaya secara ekonomi, namun juga sosial-budaya, serta mempunyai kemampuan untuk mengambil peran dalam pengambil keputusan melalui karya-karya nyata.

“Harapan saya, seluruh perempuan, khususnya di Kota Solok, dapat menciptakan momentum positif yang akan mempengaruhi perubahan sosial dan budaya yang lebih besar yang dapat membantu mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan juga kesetaraan gender,” tuturnya.

Selain itu, pada Peringatan Hari Ibu Ke-95 kali ini, ia menyampaikan bahwa hal ini akan menjadi tonggak  sejarah baru bagi perjalanan perempuan Indonesia. Ini merupakan kesempatan yang ideal untuk menghargai peran dan pencapaian perempuan Indonesia dalam berbagai bidang.

“Dengan mempromosikan kesetaraan gender dan peningkatan perlindungan terhadap perempuan, dan juga terus mendorong partisipasi perempuan dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan, kemudian tak lupa juga harus memotivasi perempuan untuk dapat mengambil peran aktif dalam memajukan negara guna merayakan keragaman budaya dan warisan perempuan Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat Hari Ibu kepada seluruh ibu di Indonesia, khususnya di Kota Solok.

“Peringatan Hari Ibu diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” katanya.

Sehingga pada akhirnya, dikatakan Ramadhani, hal tersebut memberikan keyakinan yang besar bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai agen penggerak.

“Pada Peringatan Hari Ibu tahun ini, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perjuangan hebat kaum ibu yang tidak pernah kenal lelah dalam menjaga keluarga dan menjaga masa depan bangsa,” tuturnya. (h/mg-drp)

Exit mobile version