Perwanaliko Harus Ciptakan Energi Positif

Pelantikan Perwanaliko. Ist

LIMA PULUH KOTA, HALUAN – Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf dan Dandim 0306/50 Kota Letkol. M. Deny Nurcahyono kompak meminta kepada pengurus Persatuan Wali Nagari Lima Puluh Kota (Perwanaliko) periode 2023-2026 untuk menciptakan energi positif dalam membangun sinergi dan ruang komunikasi antara pemerintah daerah, nagari, TNI dan Polri sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah pusat dan mensukseskan program pembangunan di Nagari, Kabupaten hingga Nasional. 

Permintaan Bupati, Kapolres, dan Dandim yang tergabung dalam Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) tersebut disampaikan ketiganya sesaat setelah menyaksikan pelantikan Perwanaliko periode 2023-2026 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (22/2). 

Diawali dengan pembacaan hasil musyawarah luar biasa Perwanaliko yang diselenggarakan di Aula Bank Nagari Payakumbuh 15 Februari lalu, Ketua Perwanaliko secara resmi dilantik oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, dan disaksikan oleh Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf, Dandim 0306/50 Kota Letkol.Inf. M.Deny Nurcahyono, Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan, Asisten 1 Herman Azmar, Kepala DPMDN Endra Amzar beserta seluruh Wali Nagari di Lima Puluh Kota.

Penyul Hasni, Wali Nagari Sungai Naniang dipercaya menjadi Ketua Umum Perwanaliko, adapun Lakon Siska (Situjuah Banda Dalam), Asra Arafat (Batu Ampa), Zarul Kasmi (Koto Bangun) didapuk sebagai ketua 1, 2, dan 3. Sementara itu Wali Nagari Balai Panjang Idris dipercaya menjadi sekretaris yang dibantu oleh wakil sekretaris Eko Pratama (Koto Tuo). Sedangkan Yondrifer (Simalanggang) mengisi pos Bendahara umum dan akan dibantu wakilnya Yori Noviola (Limbanang).

Safaruddin mengatakan, Perwanaliko merupakan organisasi yang menjadi wadah dalam menyampaikan aspirasi, koordinasi, fasilitasi bagi pemerintah dan masyarakat nagari demi terwujudnya nagari yang maju dan sejahtera. Selain itu, lanjut Bupati, dengan menyelaraskan visi daerah melalui kemitraan antara pemerintah nagari dan lembaga yang ada di pemerintahan daerah akan menyokong pembangunan dan kesejahteraan di nagari. 

Dandim 0306/50 Kota, Letkol M.Deny Nurcahyono meminta Perwanaliko selaku organisasi yang mewadahi wali nagari di Lima Puluh Kota hendaknya ikut mendukung kebijakan pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota. (tfk)

Exit mobile version