Pondok Pesantren Ma’arif As Sa’adiyah Terus Berbenah dengan Bangun Kelas Baru

HARIANHALUAN.id – Pondok pesantren modern di Kabupaten Lima Puluh Kota yaitunya, Pondok Pesantren Ma’arif As Sa’adiyah terus berbenah dalam meningkatkan sarana prasarana di lembaga pendidikan tersebut. Ponpes yang berada di Jorong Batu Nan Limo, Nagari Koto Tangah Simalanggan itu saat ini sedang melakukan pembangunan dalam bentuk menambah ruangan kelas baru.

“Dengan adanya pembangunan, ruangan belajar agama Islam bagi anak- anak pondok ikut bertambah. Sekarang ada 6 lokal. Kita terus melakukan pembangunan demi kemajuan ponpes kedepan,” ujar Pimpinan Pondok Pesantren Ma’arif As Sa’adiyah Kh Sudirman Syair Selasa (28/2) pagi.

Untuk saat ini, sambungnya, Ponpes Ma’arif As Sa’adiyah memiliki sebanyak 100 anak didik. Ponpes Ma’arif As Sa’adiyah merupakan salah satu pondok pesantren modern dengan pola pendidikan Islami.

“Ponpes kita lebih mengutamakan pola pendidikan yang berorientasi kepada penanaman nilai-nilai dan pembiasaan tradisi-tradisi lama yang membentuk sosok pribadi muslim hakiki yang tahan terhadap pukulan zaman,” ujarnya.

Katanya lagi, pola pendidikan dan kurikulum sama seperti kurikulum dan tata cara pembelajaran di MTI menerapkan pembelajaran Kitab at Turat. Ditambah dengan mata pelajaran dari Kemenag dan Dinas Pendidikan RI kemudian. Kemudian ditambah dengan beberapa mata pelajaran dari LP Ma’arif NU dan program ekstrakurikuler lainnya.

“Diantara mata pelajaran yang diajarkan di Pondok Pesantren Ma’arif Assa’adiyah ini adalah Tahfizhil Qur’an, Tahsin, Tafsir, Hadis, Ilmu Nahwu, Sharaf, Tashrif, I’rab, Fiqih, Mantiq, Balaghah, Ilmu Hadist, Ilmu Tafsir, Tashauf, Tarekh, Bahasa Arab, Aswaja, Tauhid, Ushul Fiqh, praktek ibadah, Retorika Dakwah, Akidah Akhlak serta pembelajaran umum lainnya,” ujarnya lagi.

Sudirman Syair juga mengajak para dermawan untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan pondok pesantren tersebut, sehingga bisa lebih baik lagi. “Bagi dermawan yang ingin ikut menyumbangkan sedikit harta demi kelanjutan pendidikan islam bagi generasi muda, bisa melalui dikirim melalui rekening BSI 7039907016 atas nama Sudirman Syair Pimpinan Pondok Pesantren Ma’arif As Sa’adiyah,” ujarnya lagi. (ddg)

Exit mobile version