Besok Nagari Koto Tinggi Baralek Gadang, Puluhan Ninik Mamak Dilewakan

Malewakan Penghulu

HARIANHALUAN.ID – Apabila tidak ada aral melintang, rencananya besok Selasa (7/3/2023) Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, baralek gadang.

Sebanyak 20 ninik mamak, serta tuanku dan imam dengan jumlah keseluruhan sekitar 50 orang dilewakan, dalam baralek penghulu Balai Tigo Koto Kampuang Muaro yang dipusatkan di Balai Godang Koto Tinggi dekat Tugu PDRI.

Sebelum dilewakan, berbagai prosesi adat sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Mulai dari pemutingan terhadap delapan ninik mamak, penyembelihan kerbau, serta memasak dan memakan perut kerbau yang diselenggarakan, Senin (6/3/2023) malam ini di Masjid Raya Koto Tinggi.

Ketua Panitia Baralek Penghulu Balai Tigo Koto Kampuang Muaro, I Datuak Mongguang mengatakan, seluruh persiapan teknis untuk baralek penghulu sudah rampung. “Insyaallah, persiapan sudah rampung. Besok Selasa (7/3/2023) merupakan acara inti dalam baralek penghulu,” ujarnya.

Dikatakan I Datuak Mongguang, baralek penghulu tersebut bakal dihadiri Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra, Kapolres, Dandim 0306/Lima Puluh Kota, Kajari Payakumbuh, Ketua LKAAM Lima Puluh Kota, serta sejumlah petinggi adat lainnya.

Sementara Ketua KAN Koto Tinggi, Irfan Datuak Majo Marajo mengatakan, Balai Tigo Koto Kampuang Muaro, Nagari Koto Tinggi, sudah lama tidak menggelar baralek penghulu. “Baralek penghulu terakhir pada 2006 lalu,” ujarnya. (*)

Exit mobile version