Pemkab Lima Puluh Kota Raih Dua Penghargaan Sekaligus di Tingkat Provinsi

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima penghargaan tingkat Sumbar. ist

HARIANHALUAN.id – Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota meraih dua prestasi sekaligus di tingkat Provinsi Sumatera Barat pada bidang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 Kategori Kabupaten dan Penghargaan Pengarusutamaan gender dengan hasil sangat memuaskan.

Tahun lalu, Pemkab Lima Puluh Kota harus puas pada posisi harapan II, peningkatan prestasi ditunjukkan pada PPD 2023 dengan raihan Harapan I atau terbaik ke-4. Piagam dan Piala penghargaan PPD serta penghargaan Pengarusutamaan Gender diserahkan pada momen Musrenbang RKPD 2024 Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diselenggarakan di Hotel Pangeran Padang, Selasa, (21/3).

Diserahkan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi yang didampingi Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar penghargaan PPD diterima Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo. Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang), Gusdian Laora, Kabag Perekonomian Lysa Anggraini.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) ini melalui beberapa aspek penilaian antara lain, penilaian teknis dokumen, presentasi, wawancara serta verifikasi oleh tim ahli penilaian terdiri dari unsur praktisi, independen dan akademik.

“Saya berterima kasih kepada OPD-OPD yang telah meningkatkan kinerja dalam pencapaian program pembangunan daerah sesuai visi-misi daerah. Penghargaan ini untuk masyarakat Lima Puluh Kota yang terus mendukung dan berpartisipasi bersama pemda untuk menjadikan daerah lebih maju ke depan, walau pun dalam kondisi keuangan yang sulit,” ujar Safaruddin.

Ia menyampaikan bahwa ini kali keduanya Kabupaten Lima Puluh Kota mendapatkan penghargaan dengan kategori yang sama namun pada 2021 silam, prestasi yang berhasil dicatat baru di peringkat ke-5.

“Alhamdulillah naik peringkat dari tahun kemarin, semoga ke depan akan lebih banyak kiprah Kabupaten Lima Puluh Kota yang mendapatkan penghargaan,” katanya.

Dia juga meminta kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta jajarannya agar selalu meningkatkan prestasi, dedikasi, dan motivasi dalam bekerja.

“Lakukan inovasi-inovasi terbaru, tentu saja disesuaikan dengan 5 (lima) agenda prioritas daerah kita terutama sektor pertanian dan perikanan yang merupakan program unggulan, kita berharap tahun ini ada inovasi-inovasi terbaru dari sektor dimaksud, di samping sektor lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora mengungkapkan, penghargaan yang diterima kali ini merupakan bentuk apresiasi atas inovasi yang dilakukan Pemkab Lima Puluh Kota dalam perencanaan pembangunan daerah.

“Kita harus berusaha selalu untuk lebih baik, tahun lalu kita harapan 2, tahun 2023 ini meningkat jadi harapan 1, tahun depan dengan dukungan Bapak Bupati dan kerja sama semua pihak, baik masyarakat, stakeholder lain maupun ASN daerah, kita berupaya mendapatkan  peringkat satu,” harap Gusdian Laora. (tfk)

Exit mobile version