TSR Pemprov Sumbar Sambangi Baruah Gunuang dan Serahkan Bantuan Rp50 Juta

TSR Pemprov Sumbar berikan bantuan Rp50 juta untuk Masjid Raya Baruah Gunuang. ist

LIMA PULUH KOTA, HALUAN – Tim Safari Ramadan (TSR) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mendatangi Masjid Raya Baruah Gunuang, Jorong Baruah Gunuang II, Nagari Baruah Gunuang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu (26/3) malam.

Tim yang dikomandoi Ketua DPRD Sumbar ini terdiri dari Kepala Bagian Kesra dan Pelayanan Dasar Randy Harfian, Komisioner KPU Sumbar Azwar Aini serta sejumlah OPD di Pemprov Sumbar.

Berjarak 50 KM sebelah utara dari Ibu Kota Kabupaten Lima Puluh Kota, Sarilamak, TSR Provinsi Sumbar diiringi Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengapresiasi Pemprov Sumbar yang telah menetapkan dua Nagari di Lima Puluh Kota sebagai tujuan TSR pada 2023 ini.

“Kami turut mengapresiasi Masjid Raya Baruah Gunuang atas terselenggaranya program tahfiz bernama Pondok Tahfiz Raudhatul Ilmi. Hal ini sangat mendukung visi Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu mewujudkan Lima Puluh Kota Madani, Beradat, dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah dan sejalan dengan visi Provinsi Sumbar yakni terwujudnya Sumbar Madani yang unggul dan berkelanjutan,” ujar Safaruddin.

Ia mengajak masyarakat untuk mewujudkan visi Pemkab maupun Pemprov dengan mendukung setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Tidak hanya itu, Safaruddin berharap agar para orang tua dapat mendidik anak-anak serta generasi muda nagari untuk meramaikan masjid maupun surau dan menjadikan surau/musala sebagai pusat kegiatan masyarakat.

“Tidak hanya peningkatan SDM yang jadi fokus pembangunan, di bidang infrastruktur pun Pemprov dan Pemkab telah bersinergi, dengan diperbaikinya jalan ke Baruah Gunuang hingga Koto Tinggi, diharapkan perekonomian masyarakat mengalami peningkatan,” ulas Safaruddin.

Kepala Bagian Kesra dan Pelayanan Dasar Setdaprov Sumbar Randy Harfian mengucapkan rasa syukur atas pelaksanaan Safari Ramadan yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar.

“Selain menjalin ukhuwah, 12 tim provinsi yang terdiri dari unsur forkopimda akan mengunjungi 19 kabupaten/kota di Sumbar dengan tujuan untuk menyemarakkan dan memakmurkan masjid, salah satunya di Nagari Baruah Gunuang,” kata Randy.

Ia berharap upaya Pemprov Sumbar bersama Kabupaten Lima Puluh Kota dapat mewujudkan Sumbar religius dan berbudaya dan didukung penuh oleh wali nagari, camat, dan seluruh elemen masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan pendidikan moral, agama dan nilai adat budaya bagi generasi muda sebagai upaya dalam mencegah degradasi moral.

Di samping itu, melalui bantuan hibah Pemprov Sumbar, Randy berharap Masjid Raya Baruah Gunuang dapat memanfaatkannya dalam pembangunan masjid serta sejumlah kegiatan yang diselenggarakan di masjid.

Di penghujung kegiatan, TSR Pemprov Sumbar menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp50 Juta kepada pengurus masjid Raya Baruah Gunuang dan disaksikan ratusan masyarakat Nagari Baruah Gunuang. (tfk)

Exit mobile version