Warga Tanjung Haro Selatan Goro di Sumber Air Bukit Balimbiang

Pamsimas

Goro masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro, Padangpanjang, Kecamatan Luak. IST

HARIANHALUAN.ID – Meskipun program nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) telah mampu mengurangi persoalan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padangpanjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima puluh Kota.

Namun program pamsimas yang telah berjalan selama satu tahun lebih itu, belum mampu memenuhi kebutuhan air bersih seluruh masyarakat yang ada di daerah tersebut. 

Untuk mengatasi kebutuhan air bersih yang baru terlayani oleh program pamsimas sekitar 80 persen dari jumlah KK itu, Minggu  (7/5/2023) pagi. Puluhan masyarakat mulai dari yang berumur 18 tahun sampai dengan 60 tahun diwajibkan turun melakukan gotong royong di Kaki Bukit Balimbiang, untuk mencari sumber air guna menambah ketersedian air untuk kebutuhan program pamsimas tersebut.

Goro yang langsung dipimpin Kepala Jorong Tanjung Haro Selatan, Fauzan Hasmi dan didukung niniak mamak, tokoh masyarakat dan ketua pemuda itu, selain berusaha mencari sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih sekaligus goro membersihkan kolam-kolam dan bak penampung persediaan air yang di lokasi tersebut.  

Fauzan Hasmi mengungkapkan, goro yang digelar masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan ini menindaklanjuti hasil musyawarah masyarakat yang digelar sebelumnya, menuntut pihak pengelola pamsimas untuk menambah ketersediaan air bersih yang tidak mencukupi memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

“Karena ketersedian air baku pada sumber air tidak mencukupi, maka dari hasil musyawarah tersebut disepakati untuk melakukan gotong royong mencari sumber air untuk dialirkan ke waduk penampung untuk seterusnya dialirkan ke bak induk,” katanya. 

Dijelaskan Fauzan Hasmi, sebelum adanya program pamsimas, masyarakat untuk mendapatkan air bersih ada yang melalui sumur gali dan sumur bor pribadi.

“Alhamdulillah, bantuan pemerintah untuk program pamsimas ini menjadi solusi bagi masyarakat Jorong Tanjung Haro Selatan, Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padangpanjang ini untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih,” ujarnya. (*)

Exit mobile version