TMMD Ke-116 di Nagari Sitanang, Pemberdayaan Masyarakat Prioritas Prajurit TNI

DADANG ESMANA - PAYAKUMBUH

HARIANHALUAN.ID – Banyak agenda yang dilakukan prajurit TNI pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 116 di Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Tak hanya pembangunan infrastruktur, melalui program ini kegiatan pemberdayaan masyarakat juga dijalankan oleh prajurit TNI.

Seperti saat sela-sela waktu istirahat, Anggota Satgas TMMD ke 116 Kodim 0306/50 Kota, Koptu Yopri melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) kepada pengrajin gula aren dari air pohon nira yang dikelola warga bernama Soleh di Jorong Balai Malintang Nagari Sitanang Kecamatan Lareh Sago Halaban, Minggu (14/5).

Potensi gula merah di wilayah Nagari Sitanang sangat menjanjikan, oleh karena itu selaku personil Satgas TMMD, Koptu Yopri melihat peluang ini sebagai peluang bisnis yang sangat besar untuk mendapatkan pundi pundi bagi yang menjalankannya.

Sejak ikut Satgas TMMD Koptu Yopri selalu aktif berada di wilayah lokasi TMMD. Ia kerap memberikan motivasi dan dukungan terhadap masyarakat.

“Kita sangat mengapresiasi pengrajin gula aren ini, meskipun berskala kecil, namun bisa menjadi sumber perputaran ekonomi warga, “ungkapnya.

Sementara itu, Soleh petani gula aren kepada Koptu Yopri mengatakan, pembuatan gula aren tidaklah terlalu rumit. Air dari batang nira setelah diambil kemudian dimasukan ke dalam tungku untuk dimasak sampai kental, selanjutnya, setelah agak dingin dimasukkan ke cetakan.

“Hasil olahan ini setelah jadi akan dipasarkan di wilayah Nagari Sitanang dan juga pasar-pasar di sekitar wilayah nagari tetangga,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Satgas TMMD ke- 116 Kodim 0306/50 Kota, Serda M. Yusuf melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di bengkel sepeda motor milik Samsul di Jorong Balai Malintang Nagari Sitanang Kecamatan Lareh Sago Halaban

Kegiatan itu merupakan hal pokok untuk anggota Satgas TMMD guna merangkul masyarakat dan mempererat tali silaturahmi.

Selain mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan, juga untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat.

“Diberbagai kesempatan selalu kita manfaatkan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat setempat, bahkan tidak peduli dimana pun tempatnya”, ujar Serda Yusuf.

Giat Komsos dengan warga terangnya merupakan hal pokok untuk para anggota Satgas, guna merangkul masyarakat sekaligus mempererat tali silaturahmi kekeluargaan.

“Selain itu, komunikasi sosial bertujuan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan masyarakat sekitar di lokasi TMMD, sehingga dalam pelaksanaannya tidak mengurangi dari sasaran program TMMD Kodim 0306/50 Kota,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version