Zulhikmi, Rajanya Suara di Kabupaten 50 Kota

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.ID – Sosok yang satu ini, jadi gurauan sejumlah tokoh-tokoh elit di Kabupaten Limapuluh Kota terutama menjelang Pemilu 2024 ini. Kenapa tidak, sosok yang satu ini memiliki gelar adat yang menarik dan namanya berkaitan dengan Pemilu. Yaitu Zulhikmi Datuak Rajo Suaro.

“Inilah rajanya suara di Kabupaten Limapuluh Kota. Tidak ada yang mampu menyainginya,” ujar Bambang Nasrul politisi Nasdem saat bertemu Zulhikmi di kantor Bundo Kanduang Limapuluh Kota pada Kamis (18/1/2024) pagi.

Di Kabupaten Limapuluh Kota, siapa yang tidak kenal dengan Zulhikmi Datuak Rajo Suaro tersebut. Selain sangat familiar juga sosok yang disegani baik kalangan tua ataupun kalangan muda.

Selain itu, berbagai organisasi tingkat Kabupaten pernah disandangnya. Seperti pernah menjadi Ketua PGRI Limapuluh Kota dan sekarang menjabat sebagai Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau Kabupaten Limapuluh Kota.

Zulhikmi Datuak Rajo Suaro dari Suku Sambilan Kampuang Payobada yang berasal dari Jorong Ambang Kunyik, Nagari Pauah Sangik, Kecamatan Akabiluru itu juga pernah sebagai Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota semasa Bupati Alis Marajo.

Usai pensiun sebagai PNS, Zulhikmi Datuak Rajo Suaro aktif berpolitik. Dirinya sempat maju di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2015 lalu sebagai calon wakil bupati. Tetapi keberuntungan sebagai orang nomor 2 itu belum berpihak pada dirinya.

Pria 63 tahun itu sempat mengisi jabatan penting di partai politik. Seperti Sekretaris DPC Hanura Kabupaten Limapuluh Kota dan sekarang sebagai Sekretaris DPC Partai Gerindra.

Di Pemilu 2024 ini, Zulhikmi Datuak Rajo Suaro terdaftar sebagai calon DPRD Limapuluh Kota daerah pemilihan IV meliputi Kecamatan Akabiluru, Kecamatan Guguak dan Kecamatan Mungka dari partai Gerindra nomor urut 1. (*)

Exit mobile version