Warga Padang Panjang Berswadaya Buka Pasa Pabukoan

Pasa pabukoan Padang Panjang

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.ID — Pasa Pabukoan menjadi tradisi dalam memeriahkan suasana Bulan Ramadan dengan menyajikan berbagai makanan, minuman dan kebutuhan berbuka. Bahkan banyak Pasa Pabukoan dadakan, termasuk hasil swadaya dari masyarakat.

Seperti Pasar Pabukoan Simpang Gunung, Kelurahan Ekor Lubuk  Kecamatan Padang Panjang Timur yang digagas oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Karang Taruna Tunas Cempaka Ekor Lubuk.

Pasa Pabukoan ini menyediakan berbagai macam jenis makanan lengkap dijual para pedagang yang juga merupakan warga kelurahan setempat. Mulai dari gorengan, bubur, sop buah, es teler, lauk pauk, kerupuk dan jenis makanan lainnya yang enak disantap saat berbuka.

Pasar Pabukoan ini prakarsai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Karang Taruna Tunas Cempaka Ekor Lubuk. Oleh mereka, semua baliho pedagang diseragamkan sesuai dengan kesepakatan saat persiapan,” ujar Lurah Ekor Lubuk, Akbar Syah.

Ia juga mengatakan, pihaknya bersama LPM dan Karang Taruna sudah menyepakati siapa saja yang ikut berjualan di Pasar Pabukoan tersebut. Ini akan mengembangkan UMKM khususnya bagi masyarakat Ekor Lubuk.

“Kami sudah berniat bersama-sama untuk melanjutkan membuka pasar kuliner di area ini pada malam hari pascalebaran,” tuturnya lagi.

Sementara itu, salah seorang pedagang, Era mengungkap, baru awal Ramadan pengunjung memang sudah memadati Pasar Pabukoan ini.

“Alhamdulillah sudah hari ketiga ini selalu ramai. Biasanya awal puasa, tidak seramai ini. Namun tahun ini alhamdulilah,” ungkapnya.

Selain di Kelurahan Ekor Lubuk, Pasa Pabukoan juga ditemui di Kelurahan Ganting berlokasi di Tanjung dan Kelok Kabuik, Kelurahan Pasar Baru di depan kantor lurah, Kelurahan Koto Panjang berlokasi di Simpang Islamic Center dan Bancalaweh.

Kabid Perdagangan dan Industri Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Friyetni menyebutkan, keberadaan Pasar Pabukoan sangat membantu perekonomian masyarakat. Serta memudahkan masyarakat dalam mencari menu untuk berbuka puasa, karena jarak tempuh jadu dekat.

“Kita berharap kegiatan Pasar Pabukoan yang tersebar di berbagai kelurahan akan membantu pemulihan ekonomi masyarakat. Dengan membeli pabukoan tersebut, uang berputar di kota kita,” ucapnya.  (hmg)

Exit mobile version