Memperkuat Peran Kelompok Masyarakat dalam Pengentasan Stunting

Tim PKK Padang Panjang menyosialisasikan pengentasan stunting kepada anak-anak siswa TK beberapa waktu lalu. IST

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) memperkuat peran kelompok masyarakat dalam upaya pengentasan stunting.

Kepala DSPPKBPPPA, Osman Bin Nur menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan program-program pengentasan stunting juga dipahami secara utuh oleh kelompok masyarakat. Terutama dalam menggencarkan gerakan anak cukup gizi, sehingga pertumbuhan menjadi lebih baik dan terhindar dari stunting.

“Pada kegiatan ini ibu-ibu diajarkan  bagaimana mengolah makanan, sehingga bisa mempraktikkannya di rumah dan mencukupi gizi anak. Niatkan ini untuk anak kita agar menjadi generasi emas pada masa mendatang,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Kerja Kampung KB Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumbar, David Arga mengatakan, kelompok masyarakat diharapkan bisa mengetahui cara mengolah makanan bergizi yang bisa menjadi asupan anak-anak.

“Makanan yang akan kita olah untuk anak-anak, tidak hanya menarik dan bergizi, namun juga bisa sampai dan si anak bisa menerima makanan yang kita olah tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Padang Panjang,  Dian Puspita Fadly Amran juga mendorong peran PKK untuk terlibat lebih aktif dalam program pengentasan stunting. Menurutnya, sebagai mitra pemerintah, PKK sangat berperan penting dalam pencegahan stunting.

Ia menyebutkan, kader PKK tidak hanya bisa menyosialisasikan mengenai gizi, namun dengan adanya empat Pokja PKK, semuanya terlibat dalam penurunan stunting. Seperti Pokja 1 mengenai pola asuh anak dan remaja. Kemudian Pokja 2 ada UP2K dengan memanfaatkan lingkungan sekitar untuk meningkatkan perekonomian dengan berjualan dari rumah.

“Begitu juga dengan Pokja 3 dan Pokja 4. Semua kader PKK ini terlibat dalam mencegah stunting untuk anak-anak kita,” jelasnya. (h/pis)

Exit mobile version