Calon Jemaah Haji Padang Pariaman Lakukan Tes Kebugaran, Tertua Berusia 88 Tahun

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman menggelar tes kebugaran bagi 245 Calon Jemaah Haji (CJH), di Masjid Raya Kawasan Ibu Kota Kabupaten setempat, Parit Malintang, Rabu (17/04).

Kegiatan selama satu hari ini bertujuan untuk memastikan bahwa para calon jamaah haji dalam kondisi prima sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, dengan rangkaian pemeriksaan oleh tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya.

Kepala Dinkes Padang Pariaman, Aspinuddin menyampaikan rangkaian pemeriksaan yang diikuti oleh CJH antara lain pemeriksaan medis, pemeriksaan kognitif, pemeriksaan mental dan pemeriksaan kemampuan untuk melakukan aktifitas sehari hari secara mandiri.

“Karena Ibadah Haji adalah Ibadah Cukup berat, maka perlu dilakukan tes Kebugaran, Tekanan darah, serta latihan berjalan kaki sejauh 1,6 KM,” Ujar H. Aspinuddin.

Dikatakan, rangkaian pemeriksaan ini ditujukan untuk mengukur kebugaran dan kesehatan calon Jemaah haji sehingga calon jemaah haji agar mampu melaksanakan ibadah haji nantinya.

“Calon Jamaah Haji Padang Pariaman terdiri dari 118 laki-laki dan 137 Perempuan. Jemaah tertua berusia 88 atas nama Anam dan muda berusia 20 tahun atas nama khairul Amri,” Ujarnya.

Ditambahkan, mantan Direktur RSUD Padang Pariaman ini, CJH Padang Pariaman diperkirakan akan berangkat pada tanggal 24 Mei 2024.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur saat memberikan sambutan berharap agar semua jemaah calon haji agar mempersiapkan termasuk kesehatan.

“Ada ibadah haji yang memerlukan fisik yang kuat diantaranya, ketika di Madinah berjalan untuk pergi solat ke Masjid, Lari-lari kecil saat sa’i, dan melemparkan jumrah,” Ujar Suhatri Bur.

Jemaah yang diberangkatkan tahun ini semoga sehat sehingga semuanya dapat menjalankan ibadah dan memperoleh predikat Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabruroh. (*)

Exit mobile version