Dihadiri Perantau, Alek Nagari Menggema dan Digaungkan di Nagari Lareh Nan Panjang

HARIANHALUAN.ID – Nagari Lareh Nan Panjang Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman menggelar alek nagari di Korong Ampalu. 

Pembukaan acara tersebut dilaksanakan Kamis (25/4/24) dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Padang Pariaman Hendri Satria, Camat VII Koto, perantau, pemuka masayarakat dan undangan lainnya. 

Acara pembukaan berlangsung semarak dengan penampilan kesenian dan budaya tradisional diantaranya Indang Piaman, tari, silat, gandang rasa, randai dan musik katumbak. 

Kadis PMD Hendri Satria menyampaikan kegiatan alek nagari tersebut merupakan hal yang sangat positif dilakukan dan dikembangkan. Jangan sampai seni dan budaya kita bisa direbut oleh negara luar yang mengaku seni budaya mereka pula.

“Dengan adanya alek nagari yang diselenggarakan di Nagari Lareh Nan Panjang merupakan cikal bakal generasi muda yang kreatif, inovatif dalam pergelaran seni dan budaya. Kita berharap agar terus dikembangkan dan dibina,” ujarnya.

Aspiarnmewakili masyarakat di rantau menuturkan dengan adanya alek nagari memberikan nuansa silahturahmi yang kuat. Ranah dan rantau menyambut gembira untuk menyukseskan alek nagari yang dilaksanakan.

“Kamin dari rantau terus mensupor dan memperhatikan hal yang positif. Salah satunya alek nagari yang digelar malam ini. Terima kasih  semoga lancar dan sukses”, katanya. 

Wali Nagari Lareh Nan Panjang Muskinta menyebutkan alek nagari tersebut digelar 25 April sampai 4 Mei 2024 di Korong Ampalu Nagari Lareh Nan Panjang. Acara tersebut merupakan hasil dari kesepakatan dari ranah dan rantau sebagai wujud dari pelestarian seni dan budaya yang ada di Padang Pariaman. 

Disamping itu Muskinta juga menyebutkan dalam alek nagari selain Indang saat pembukaan, dalam beberapa hari tersebut juga menampilkan beragam kesenian dan budaya tradisional yang tergabung dalam Sanggar Anak Nagari Lareh Nan Panjang. 

Wali Nagari ini merasa gembira dengan begitu antusiasnya warga dan kuala muda yang terlibat langsung terutama dalam penampilan seni budaya saat pembukaan. Hal itu menjadi motivasi yang besar bagi kami pemerintahan dan unsur masyarakat untuk terus membina dan mempertahankan kearifan lokal yang dimilki. 

Muskinta mengucapkan syukur dan terima kasih pada Pemda dan seluruh masyarakat khusunya di nagari lareh nan panjang umumnya Padang Pariaman atas terselenggaranya alek nagari tersebut. Kegiatan ini merupakan ajang  rutin tiap tahun. (*) 

Exit mobile version