Acara dilanjutkan dengan presentasi lebih dalam mengenai konsep dan fitur-fitur utama dari SIMAK Kinerja oleh tim pengembang IT.
Tim menjelaskan bahwa SIMAK Kinerja dirancang untuk memfasilitasi proses perencanaan, pengumpulan data kinerja, pelaporan, serta evaluasi kinerja di seluruh perangkat daerah. Sistem ini juga memungkinkan perangkat daerah untuk melakukan analisis kinerja berdasarkan indikator yang telah ditetapkan, baik secara bulanan, triwulanan, maupun tahunan, dengan cara yang lebih mudah dan terintegrasi.
Kegiatan terlihat berlangsung dua arah, dan terjadi interaksi yang cukup intens dan hangat diantara peserta dengan tim.
Acara ditutup dengan pembagian panduan penggunaan dan modul pelatihan yang telah disiapkan untuk mendukung implementasi SIMAK Kinerja di perangkat daerah.
Setiap peserta mendapatkan panduan cetak dan digital, serta akses ke video tutorial yang dapat diakses kapan saja. Pemerintah daerah juga akan menyelenggarakan sesi pelatihan lanjutan bagi perangkat daerah yang membutuhkan pendampingan lebih dalam penggunaan sistem ini.
Kepala Bidang Sosbud, Zuina Marius mengatakan, merasa senang dan bangga atas antusiasme para peserta. Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini, seluruh perangkat daerah dapat memahami pentingnya SIMAK Kinerja sebagai alat pengelolaan kinerja yang modern dan berkomitmen untuk bersama-sama mendukung implementasinya secara efektif.