Tingkatkan Kesehatan WBP, Rutan Padang Resmikan Posyandu Lansia dan Pembentukan Kader Kesehatan

Rutan Kelas II B Padang

HARIANHALUAN.ID – Rutan Kelas II B Padang melaksanakan kegiatan pembukaan posyandu lansia dan pembentukan kader kesehatan, Rabu (8/2/2023) di aula KPR rutan setempat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan tidak secara tiba-tiba, namun sudah cukup lama dipersiapkan dan pada akhirnya dapat terwujud pada hari ini. Kegiatan posyandu lansia ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yang berusia 60 tahun ke atas dan membentuk kader kesehatan sebagai perpanjangan tangan petugas kesehatan, dalam mempromosikan informasi kesehatan dan meningkatkan kesehatan tahanan/narapidana/anak di Rutan Padang secara umum.

Hal tersebut merupakan poin-poin yang disampaikan oleh Penanggungjawab Klinik Rutan dr. Indah Angraini. Ia mengatakan bahwa kegiatan posyandu lansia akan diadakan setiap satu kali setiap bulan. Selain itu, kepada kader kesehatan akan dilakukan pelatihan selama satu minggu pada bulan ini, sesuai dengan petunjuk dan edaran dari Ditjenpas.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Rutan Padang, Muhammad Mehdi. Karutan berpesan, agar seluruh lansia tetap antusias dalam mengikuti kegiatan ini pada bulan-bulan berikutnya. Karena hal ini dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan lansia, sehingga diharapkan ketika selesai menjalani pidana para lansia dapat kembali kepada keluarga dalam keadaan sehat.

Kepada kader kesehatan, karutan juga berpesan agar bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan, memberikan dan menyampaikan informasi kesehatan secara jujur dan tepat, sehingga tujuan terbentuknya kader kesehatan dapat tercapai.

“Kami juga secara simbolis memberikan makanan tambahan kepada lansia dan seragam kepada kader kesehatan,” katanya.

Tidak hanya itu, katanya, kegiatan ini dilanjutkan dengan pelaksanaan posyandu lansia yang dimulai dari penyuluhan kesehatan mengenai hipertensi yang disampaikan oleh dr. Jannatus Indra, pendataan lansia, pengukuran berat badan, tekanan darah dan gula darah sewaktu, wawancara kesehatan, edukasi dan pengobatan jika diperlukan, tidak lupa diberikan makanan tambahan bagi lansia yang telah selesai menjalani rangkaian kegiatan posyandu lansia ini.

Semua lansia terlihat antusias dan senang ketika diberikan layanan kesehatan khusus lansia ini. “Semoga kegiatan ini dapat terus berjalan dan memberikan dampak positif terutama bagi kesehatan WBP di Rutan Kelas IIB Padang,” tuturnya. (*)

Exit mobile version