Pemko Padang Targetkan 500 Ruang Kelas Baru Selesai Dibangun pada Akhir 2023

Pembangunan ruang kelas baru . IST

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus mengoptimalkan ketersediaan sarana dan prasarana untuk sektor pendidikan. Salah satunya melalui perbaikan ataupun pembangunan ruang kelas baru (RKB) untuk sekolah-sekolah di tingkat SD dan SMP. Sebanyak 500 RKB ditargetkan bakal tuntas hingga akhir tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova menyebutkan, saat ini pihaknya sudah merampungkan sebanyak 229 RKB yang pembangunannya telah selesai akhir tahun 2022 lalu. Sebanyak 46 RKB untuk sekolah tingkat SMP dan 183 RKB untuk tingkat SD.

“Alhamdulillah sebanyak 229 RKB sudah selesai. Ini sesuai janji Wali Kota Padang, Hendri Septa. Untuk pembangunan RKB berjalan lancar, sejauh ini tidak ditemukan kendala,” ujarnya.

Khusus tahun 2023, sambung dia, ditargetkan sisa pembangunan 271 RKB akan segera diselesaikan. Saat ini pembangunan RKB yang tersisa itu sudah memasuki proses tender.

Menurut Yopi, banyak ruang kelas yang sudah tidak layak huni karena sudah dibangun sejak tahun 70-an. Sehingga sudah waktunya untuk dibangun dan diperbaiki. Hal ini supaya kenyamanan siswa saat belajar dapat lebih meningkat.

“Kalau ruang kelas yang sudah lama itu, kita  was-was dan takut lotengnya jadi ambruk atau semacamnya. Sekarang usai kita bangun RKB mereka jadi tenang, belajar pun jadi lebih fokus. Tentu ini juga akan berpengaruh dalam peningkatan nilai belajar siswa kita,” tuturnya.

Ia menyebutkan secara keseluruhan untuk pembangunan 500 RKB menggunakan anggaran APBD sebesar Rp230.689.663.000. Tahun ini pihaknya akan menuntaskan seluruh yang tersisa yaitu sebanyak 271 RKB lagi dengan anggaran untuk SD membutuhkan Rp 84.800.000.000, dan SMP sebesar Rp 47.581.484.350 anggaran. 

“Kedua anggaran tersebut sudah tergabung dengan keseluruhan anggaran yang dibutuhkan untuk 500 RKB tadi. Pembangunan 271 RKB itu tersebar merata di 11 kecamatan untuk SD dan SMP yang ada di Kota Padang. Perbaikan RKB ini dilakukan sesuai kondisi kerusakan masing-masing sekolah,” ucapnya. (dar)

Exit mobile version