Serapan Anggaran Baru 23 Persen, Sekda Padang Minta OPD Optimalkan Kinerja

Sekda Kota Padang Andree Algamar memberikan arahan kepada ASN Pemko Padang saat apel gabungan Senin (29/5). Wina

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Sekretaris Kota Padang Andree Algamar mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengoptimalkan dan menyegerakan program kerja 2023. Hal ini sekaitan dengan memasuki pertengahan tahun 2023, sementara rata-rata serapan anggaran masing-masing OPD masih 23 persen. 

Andree meminta agar seluruh laporan kinerja untuk disampaikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah pusat harus segera dilaksanakan.

“Kami sampaikan kepada seluruh OPD, lakukan dengan segera semua pekerjaan yang sudah direncanakan, penyerapan anggaran rata-rata masih 23 persen. Percepat pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan, jangan ditunda-tunda,”ujar Andree Algamar, Senin (29/5).

Demi mencapai kinerja yang optimal Andree meminta seluruh satuan kerja agar saling berkontribusi satu sama lain. Kekompakan dan kerja sama dalam melaksanakan tugas akan mempermudah mencapai dan menyukseskan program kerja.

“Pekerjaan ini kuncinya komunikasi dan kekompokan. Pegawai Pemko Padang kami minta untuk tidak bekerja sendiri-sendiri, kita ini pelayan masyarakat. Tingkatkan inisiatif, paling tidak mulai dari hal-hal kecil untuk menimbulkan inisiatif itu,” ucapnya lagi.

Tidak hanya itu itu, Andree juga menyebutkan akan ada kewajiban bagi tenaga ASN dan non-ASN selingkungan Kota Padang untuk menjadi nasabah bank sampah. Kewajiban nasabah bank sampah itu nanti adalah memisahkan sampah organik dan nonorganik.

“Tidak ada lagi pegawai yang minum dengan menggunakan gelas plastik. Kita di Kota Padang dalam sehari saja, lebih kurang 500 ton sampah yang didistribusikan ke TPA. Kalau bukan kita yang memulai siapa lagi, kurangilah penggunaan sampah plastik,”ujarnya.

Kemudian Andree juga menyoroti kewajiban setiap OPD dalam Hari Raya Iduladha nantinya. Ia menekankan agar seluruh OPD segera menyegerakan komitmen “satu OPD satu sapi” untuk tahun 2023. 

“Ini wujud loyalitas kita. Tolong dipercepat untuk mengadakan satu sapi Hari Raya Iduladha tahun ini. Silahkan nanti berkreasi mau undang saudara, tetangga, siapapun saat pemotongan sapi itu nantinya,”ujarnya. (dar)

Exit mobile version