Pesan Menyentuh Walikota Padang di Hari Sumpah Pemuda: Ingat! Masa Muda Itu Datang Sekali, Isilah dengan Prestasi

Di Peringatan HSP, Wako Hendri Septa Imbau Pemuda Isi Kegiatan Positif

HARIANHALUAN.id—Wali Kota Padang, Hendri Septa memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tingkat Kota Padang di Galanggang Balaikota, Aie Pacah, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan HSP ke-95 tingkat Kota Padang juga diisi dengan penyerahan penghargaan bagi tiga orang pemenang lomba seleksi pemuda pelopor tahun 2023 hingga aksi sosial donor darah.

Walikota, Hendri Septa menyampaikan, pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu hal untuk menghargai jasa para pahlawan demi merebut kemerdekaan.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini merupakan salah satu bentuk dalam menghargai jasa para pahlawan yang berkorban demi merebut kemerdekaan di usia muda,” jelas Hendri Septa.

Dengan begitu, pesan Wako, untuk seluruh generasi muda agar lebih baik lagi dalam segala aspek, bahkan lebih baik dari generasi muda sebelum mereka.

“Mudah-mudahan, kita berharap pemuda kita tidak membuang masa-masa muda mereka. Isilah dengan hal-hal positif, jauhi hal-hal negatif,” tambahnya.

Adapun jauhi hal-hal negatif yang disebut Wako, jelasnya ialah seperti tawuran, penyalahgunaan atau penggunaan obat-obat terlarang, narkoba, pergaulan bebas dan lain-lain yang merugikan.

“Masa muda cuma datang sekali, untuk itu pesan kami, isilah dengan baik di masa muda. Isilah dengan hal-hal yang lebih baik,” tuturnya.

Kemudian, Wako juga menyinggung terkait HSP ke-95 saat bertindak sebagai pemimpin upacara. Terkait tema ‘Bersama Majukan Indonesia’ yang sarat akan makna dan menyimbolkan kolaborasi dalam memajukan Indonesia.

“Bertemakan ‘Bersama Majukan Indonesia’ dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” terang Hendri Septa saat membacakan pidato Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Tambah Wako, posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya.

“Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor,” terangnya.

Tak lupa, Wako mengajak untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.

Adapun tiga Pemenang Lomba Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Kota Padang Tahun 2023 di antaranya, Peringkat I Bidang Inovasi Teknologi oleh Rahmat Fajri, Peringkat I Bidang Kepeloporan Pendidikan oleh Ferik Trinanda Putra serta Peringkat I Bidang Kepeloporan Sosial dan Budaya oleh Rahmat Hidayat. (*)

Exit mobile version