Pengurus DPW Syarikat Islam Sumbar Dikukuhkan

Pengurus DPW Syarikat Islam Sumbar 2023-2028 dilantik di Hotel Mercure Padang, Senin (13/11). Ipat

PADANG, HARIANHALUAN.ID – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Syarikat Islam Sumatera Barat (Sumbar) masa jihad 2023-2028 dilantik pada Senin (13/11) di Hotel Mercure Padang dengan tema Sebersih-bersih Tauhid, Setinggi-tinggi Ilmu, Sepandai-pandai Siyasah. Dalam pelantikan tersebut, Syarikat Islam mengharapkan anak muda harus melek ekonomi.

Presiden/PP Syarikat Islam, Hamdan Zoelva menyebutkan, pelantikan DPW yang diketuai oleh Mukhlis Mansyur ini bertujuan untuk membentuk kesadaran pengusaha yang dimulai dari anak-anak muda untuk fokus membuka dan membangun jaringan usaha, mulai dari yang kecil, menengah hingga besar.  “Kami mengajak seluruh anak muda untuk membakar semangat usaha terutama yang bergabung dalam Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI) yang merupakan bagian dari Syarikat Islam,” kata Hamdan Zoelva. 


Saat ini, dikatakannya bahwa seiring dengan kemajuan zaman, anak muda banyak yang terjun ke dunia politik. Namun ia berharap anak muda juga melek dengan perkembangan ekonomi dengan cara memulai usaha. 

“Kami mengajak anak muda untuk mulai berlatih, untuk berusaha, berdagang, jadikan modal nanti kalau mau masuk politik. Mari membangun kesadaran untuk membangun pengembangan usaha-usaha kreatif mandiri, sehingga geliat kewirausahaan tidak padam dalam jiwa muda anak-anak bangsa,” katanya lagi. 


Untuk membangun ekonomi kreatif, dikatakannya bahwa hal itu perlu digaungkan melalui dakwah ekonomi sehingga dakwah dan ceramah yang biasa dilakukan juga fokus kepada ekonomi.  “Dakwah dan ceramah adalah hal paling pokok dan mendasar. Tapi itu hal yang biasa. Yang luar biasanya adalah dakwah ekonomi, di tengah kegiatan pengajian itu, kita tetap berbicara tentang berdagang dan usaha. Sehingga kesadaran ini tumbuh dan pada akhirnya menjadi kekuatan bagi anak-anak muda. Ini menjadi fokus kegiatan Syarikat Islam. Bukan berarti meninggalkan kegiatan2 di bidang lain,” ujarnya

Ia mengatakan, untuk mengembangkan dakwah ekonomi tersebut, pihaknya membentuk kolaborasi dengan beberapa pihak.  “Yang jelas kita membentuk kolaborasi dan kerjasama dengan pemerintah, sekarang fasilitas pemerintah banyak sekali. Kolaborasi dengan berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas). Hingga saat ini, sudah ada ormas-ormas lain yang bergabung ke dalam dakwah ekonomi. Sejauh ini ormas-ormas tersebut sangat welcome dan tidak ada yang menentang,” ucapnya. 


Ketua DPW Syarikat Islam Provinsi Sumatera Barat, Mukhlis Mansyur menyebutkan bahwa, kehadiran Syarikat Islam di Sumbar menjadi momentum penting. “Di Sumbar keberadaan Syarikat Islam sudah lama, sudah lebih dari 40 tahun. Momentum ini membangkitkan kembali Syarikat Islam. Karena dulu tokoh-tokoh Syarikat Islam banyak yang berasal dari Sumbar, maka saya ingin Syarikat Islam kembali tumbuh besar disini mengikuti jejak para tokoh,” kata Mukhlis Mansyur. 

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa semangat perjuangan harus dibangkitkan di Ranah Minang agar tercapainya bangsa yang utuh.  “Kita harus bahu membahu membangun semangat perjuangan di bidang keislaman dan kebangsaan. Mari bersama membangun bangsa yang utuh. Harus menciptakan keadilan, melawan kezaliman, melawan ketidakadilan. Itulah misi awal bangkitnya Syarikat Islam di zaman dulu. Maka sekarang harus dilanjutkan, sehingga tidak ada akhir dalam memperjuangkan keislaman dan kebangsaan tersebut,” tuturnya. (h/mg-ipt) 

Exit mobile version